≡ Menu

Cara Naik Busway

Anda belum pernah naik busway? Sehingga anda bingung bagaimana cara naik busway?

Untuk mengatasi kemacetan di kota-kota besar. Pemerintah memberikan solusi dengan pengadaan busway, seperti yang ada di Ibu Kota Jakarta. Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan busway dari pada menggunakan mobil atau motor pribadi, karena busway memiliki jalur khusus yang membuat perjalanan busway tidak terganggu dengan kemacetan atau kendaraan lain.

Cara Naik Busway

Cara Naik Busway

Bagi anda yang belum pernah bepergian menggunakan busway, pastilah anda bingung bagaimana cara naik busway. Sebelum anda mengetahui cara naik busway, sebaiknya anda ketahui dulu hal-hal yang perlu diperhatikan saat naik busway.

Hal yang perlu di perhatikan saat naik Busway

1. Dilarang membawa barang yang berukuran lebih dari 50 x 50 cm persegi

2. Dilarang membawa barang yang baunya menyengat atau tajam

3. Dilarang membawa barang0barang yang berbahaya, seperti senjata tajam, mercon, bom, dll.

4. Antri dengan tertib dan tidak saling mendorong

5. Dahulukan lansia dan ibu hamil untuk mengantri

6. Tidak melakukan tindakan-tindakan kriminal, seperti merampok, menghipnotis, melakukan pelecahan, dll.

7. Tidak membawa anak kecil untuk naik busway pada jam sibuk ( jam pergi atau pulang kerja) karena dikhawatirkan akan terhimpit oleh penumpang yang berdesakan.

Setelah anda mengetahui hal-hal tersebut di atas, barulah anda perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk bepergian menggunakan busway.

Langkah saat berpergian dengan menggunakan Busway

A. Membeli Tiket di Loket

Hal yang pertama kali harus anda lakukan ketika ingin naik busway adalah membeli tiket di loket yang berada di pintu masuk halte busway. Tarif tiket pada pukul 5-7 pagi seharga Rp. 2.000,00 per tiket untuk satu orang, pada pukul selanjutnya harga tiket menjadi Rp. 3.500,00 untuk satu orang. Setelah itu, masukkan tiket pada tiket khusus atau serahkan kepada petugas pemeriksa tiket.

B. Menunggu Busway

Langkah selanjutnya adalah menunggu busway anda datang. Pastikan anda memperhatikan koridor atau rute yang harus anda tempuh agar sampai ke alamat tujuan anda, karena pada sebagia halte, seperti Halte Harmony terdiri atas 7 jurusan. Anda bisa menanyakannya kepada petugas atau penumpang lain agar anda tidak salah koridor untuk menunggu busway.

C. Menaiki Busway

Untuk menaiki busway dahulukan penumpang busway yang ingi keluar agar tidak terjadi desakan di pintu busway. Naiklah dengan hati-hati agar tidak terjatuh, karena antara halte dan busway terdapat sedikit jarak.
Jangan sembarangan menaiki busway, karena pada beberapa halte terdapat beberapa bus yang berhenti dalam 1 pintu. Agar anda tidak salah naik jurusan bus, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada petugas.

D. Berada di Dalam Busway

Pastikan setelah anda masuk, jangan menumpuk di pintu bus. Masuklah ke bagian dalam bus agar tidak terjadi desak-desakan pada pintu busway. Carilah tempat duduk yang menurut anda nyaman, sebaiknya dahulukan wanita hamil dan orang tua.

Jika anda berdiri di dalam busway, pastikan anda meletakkan tas anda di bagian depan. Agar penumpang lain dapat berdiri di belakang anda, selain itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencopetan.

E. Turun dari Busway

Pastikan anda sudah bersiap-siap untuk turun sebelum busway berhenti pada halte pemberhentian. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya desakan di pintu busway. Usahakan hati-hati untuk keluar dari busway dan jangan melompat agar anda tidak terjatuh dan terjadi cidera.

Setelah memperhatikan langkah-langkah di atas, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi akan salah jurusan dalam menaiki busway. Sehingga anda dapat sampai ke tempat tujuan anda tanpa macet dan lebih hemat.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment