≡ Menu

Cara Menghindari Makanan Yang Haram Atau Tidak Halal

Cara Menghindari Makanan Yang Haram Atau Tidak Halal

Cara Menghindari Makanan Yang Haram Atau Tidak Halal

Artikel kali ini, saya mau berbagi informasi bagi para pembaca setia website ini, terutama untuk teman-teman yang beragama Islam yah. Apalagi saat kita hendak akan berlibur ke luar negeri yang notabene negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam, jadinya susah-susah gampang buat kita untuk mencari tempat makan atau membeli camilan halal. Jangankan di luar negeri, kadang-kadang pun di negara kita sendiri aja, kita susah atau bahkan merasa tertipu (kejam banget yah bahasanya *peace*) saat kita makan di depot atau restoran yang ternyata menjual makanan yang tidak halal. Okay saatnya saya mau berbagi informasi bagaimana caranya untuk menghindari makanan yang tidak halal dan bisa leluasa untuk makan-makanan yang halal tentunya, semoga informasi ini dapat bermanfaat yah untuk penikmat pembaca artikel kali ini. Dan bagi teman-teman pembaca yang bisa memberikan tambahan informasi untuk menghindari makanan yang tidak halal bisa berbagi saran dan informasinya yah….

Cara menghindari makanan yang tidak halal

  • Sebelum anda memesan makanan ke tempat makan yang anda tuju, gak ada salahnya anda pastikan dulu jika tempat makan yang akan anda kunjungi dikelola oleh seorang muslim. Anda dapat memastikan dengan mendapatkan rekomendasi dari keluarga, teman, testimonial yang sudah pernah makan ditempat tersebut atau sedikit ribetnya anda dapat cek langsung melalui internet (bahasa kerennya sie bisa cek langsung ke mbah google).
  • Lebih baiknya kita menghindari tempat makan yang kita ragukan kehalalannya.
  • Kita menghindari tempat makan yang juga menyajikan masakan halal, tetapi ada juga masakan haram. Secara otomatis menggunakan peralatan masak yang sama. Dengan kata lain, yang haram bisa tercampur dengan yang halal.
  • Untuk lebih hati-hatinya, kita bisa pastikan jika tempat makan yang hendak kita tuju sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Nah, jangan lupa pastikan logo halal MUI berwarna hijau serta nomor register di sertifikat tersebut. Jika ingin lebih memastikan lagi kehalalannya, kita bisa langsung cek melalui internet agar memastikan rumah makan sudah benar-benar teregister di MUI atau belum.
  • Jika anda ingin membeli suatu produk, anda dapat memperhatikan merk dagang dan perusahaan pembuat produk (pabrik) yang tercantum di kemasan. Perlu diingat ada beberapa perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat halal tapi pada kemasan produk tidak di cantumkan logo halal, biasanya kita bisa temukan di produk keluaran terbaru. Agar tidak ada keraguan saat membeli produk tersebut, anda bisa dapat cek melalui website http://www.halalguide.info untuk mengetahui perusahaan mana yang sudah mengantongi sertifikat halal.
  • Untuk yang satu ini, jangan lupa untuk memperhatikan produk turunan hewan yang perlu diwaspadai, karena bahan-bahan ini menggunakan istilah-istilah tertentu dan awam untuk kita kenal.
  • Untuk lebih aman, anda bisa membawa bekal makanan yang sudah dibuat dirumah, karena sudah pasti 100% kehalalannya.
  • Dan terakhir saran kami adalah berdoalah agar tidak terhasut untuk menkonsumsi makanan dan minuman yang tidak dihalalkan yah teman-teman.

Semoga artikel kali ini dapat memberikan masukan untuk pembaca agar dapat menghindari makanan yang tidak halal. Tips terpenting dari kami sebaiknya anda harus perhatikan baik-baik tempat makan atau restoran yang anda kunjungi sebelumnya, agar anda dan keluarga dapat terhindar dari tempat makan yang tidak dihalalkan sebelum anda dan keluarga menyesali setelah mengkonsumsi makanan yang tidak halal tersebut.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment