≡ Menu

Cara Mengasah Gunting

Cara Mengasah Gunting

Cara Mengasah Gunting

Gunting merupakan alat yang sangat penting untuk menggosok kertas maupun kain. Oleh karena itu, anda wajib untuk menerapkan cara mengasah gunting yang tepat. Dengan mengetahui cara mengasah gunting dengan baik maka alat ini akan bisa tetap tajam dan berkualitas pada saat digunakan. Gunting yang lama tidak dipakai atau terlalu sering dipakai akan bisa menjadi tumpul. Apabila sudah tumpul maka guntung tersebut akan semakin sulit untuk digunakan. Banyak orang yang membiasakan gunting yang mereka miliki tumpul. Hasilnya, mereka pun tidak mampu untuk menggunakannya dengan baik dan maksimal.

Dalam hal keperluan rumah tangga, gunting sangat penting manfaatnya untuk menggunting pakaian, dan juga merangkai dekorasi atau aksesoris untuk yang ingin anda buat. Bahkan dalam bisnis salon, gunting yang berkualitas juga aman sangat dibutuhkan. Pegawai salon tentu saja harus tau bagaimana cara mengasah guntingnya dengan baik. Jika mereka tidak mengasah guntingnya dengan baik maka hal ini akan mengganggu aktivitas menggunting yang mereka lakukan. Dari zaman ke zaman peran gunting memang sangat penting bagi uman manusia.

Gunting memang akan jarang sekali tumpul apabila kita bisa menggunakannya dengan baik. Namun, anda juga harus hati-hati jangan sampai membuat gunting anda ini terkena air. Gunting yang terkena air akan sangat mudah untuk menjadi berkarat. Bahkan gunting juga sebaiknya tidak digunakan untuk menggunting benda yang terlalu keras misalnya untuk memotong besi, seng dan lain sebagainya. Lama kelamaan jika sering melakukan ini maka gunting yang anda miliki akan bisa tumpul.

Tentu saja gunting yang sudah tumpul akan kehilangan daya gunanya. Apabila gunting tersebut kena air maka akan menjadi mudah untuk berkarat. Karat gunting ini sangat sering terjadi apabila kondisi gunting tersebut sedang basah namun anda tidak segera mengelapnya dengan kain. Mengasah gunting caranya sebenarnya gampang-gampang susah. Inilah langkah yang bisa anda lakukan untuk menerapkan hal tersebut.

Cara Mengasah Gunting Tak Semudah Mengasah Pisau.

Mengasah pisau memang sangat mudah, namun perlu anda tau bahwa mengasah gunting tidak semudah itu. Apabila salah arah dalam mengasah maka gunting tersebut bukannya malah tambah tajam, namun menjadi makin tumpul. Gunting yang sudah salah diasah akan sukar untuk digunakan dengan baik lagi. Jika sudah demikian maka jangan kaget jika gunting yang anda miliki ini akan berakhir di tempat sampat alias anda harus membuangnya.

Cara Mengasah Gunting dengan Botol Kaca.

Ambilan botol yang berbahan dari kaca. Anda bisa mengambilnya dari botol bekas cola, botol bekas kecap dan lain sebagainya. Yang jelas botol tersebut harus berasal dari bahan kaca. Setelah itu lakukan gerakan menggunting leher botol seolah anda ingin mengguntingnya. Lakukan hal ini dengan cara yang keras. Lakukanlah hal ini sampai berkali-kali hingga gunting anda bisa menjadi lebih tajam.

Ternyata caranya tidak sulit, bukan? Hanya dengan menerapkan langkah yang simple ini maka anda pun akan mampu membuat gunting anda menjadi lebih baik lagi. Kesimpulannya, anda tidak perlu ngoyo untuk menerapkan cara mengasah gunting. Hanya dengan menerapkan langkah yang sederhana diatas, gunting anda akan sudah menjadi tajam dengan sendirinya. Melalui langkah yang tepat ini sudah pasti anda akan mampu untuk memberikan ketajaman yang terbaik bagi gunting anda. Selamat menggunakan gunting anda lagi untuk memotong kain, kertas, maupun rambut customer salon anda.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment