‚Č° Menu

Cara Mengasah Gergaji Dengan Kikir

Anda sering bekerja dengan menggunakan gergaji? Namun, anda bingung bagaimana cara mengasah gergaji menggunakan kikir?

Bagi anda yang suka bekerja dengan menggunakan gergaji, sebaiknya anda rajin melakukan perawatan terhadap gergaji anda dengan mengasahnya menggunakan kikir karena hal tersebut dapat memdahkan dan memeprcepat pekerjaan anda.

Mata gergaji yang tumpul dapat menghambat pekerjaan anda dan membuat hasil potongan anda menjadi tidak rata. Oleh karena itu mengasah gergaji tangan maupun mesin anda dapat memepertajam mata gergaji yang anda gunakan. Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk mengasah gergaji menggunakan kikir.

Langkah-langkah Mengasah Gergaji

1. Pastikan kikir yang anda gunakan sesuai dengan diameter gergaji

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk mengasah gergaji menggunakan kikir adalah dengan memperhatikan ukuran kikir yang anda gunakan dengan diameter gergaji anda, agar dapat digunakan untuk mengasah atau mengikir. Karena ada beberapa ukuran kikir dan gigi gergaji, misalnya adalah 3/16, 5/32, dan 7/32 inchi dari diameter gergaji anda.

2. Bersihkan gergaji terlebih dahulu

Setelah kikir yang anda gunakan sesuai dengan diameter gergaji anda, lankah selanjutnya adalah dengan membersihkan gergaji anda secara menyeluruh. Anda dapat menggunakan air atau deterjen pembersih untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada gergaji anda. Namun, jangan menggunakan deterjen pembersih secara berlebihan, karena hal tersebut dapat merusak komponen pada gergaji mesin maupun gergaji tangan anda.

3. Memeriksa Mata Gergaji

Sebelum anda mengasah atau mengikir, sebaiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui mata gergaji yang sudah berkarat, rusak, atau hancur. Mata gergaji yang rusak akan membahayakan anda dalam menggunakan gergaji tersebut. untuk gergaji mesin, ada aturan dasarnya, yaitu bagian piringan atas harus memliki panjang sekurang-kurangnya 1,5 cm. Jika mata gergaji anda memliki panjang kurang dari ukuran tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa mata gergaji anda mengalami resiko pata saat digunakan. Sebaiknya, buang dan ganti mata gergaji yang rusak dan sudah tidak layak tersebut

4. Apit Kencang Gergaji dengan Catok

Untuk mengasah gergaji, posisi gergaji haruslah stabil dan pisaunya harus menahan dengan kokoh bagian luar gergaji anda. oleh karena itu, bagian badan gergaji anda jepit dengan ragum dengan bagian gigi menahanpegangan gergaji.

5. Tandai gigi pertama yang anda kikir

Untuk memastikan seluruh gigi pada gergaji anda dikikir dengan sempurna, sebaiknya anda menandai bagian gigi pertama yang anda kikir menggunakan spidol. Hal tersebut dapat mempermudah anda untuk mengetahui batas mulai dan akir gigi gergaji yang sudah anda kikir.

6. Atur kikir dengan bagian depan pemotong

Lengkungan pada kikir harus sederajat atau terpasang sempurna pada lengkungan bagian pemotong depan gigi gergaji anda. Aturlah sehingga 20% dari diameter kikir harus berada tepat di bagian atas gigi gergaji anda.

7. Tahan Kikir yang Digunakan

Tahan kikir dengan sudut kira-kira 25 sampai 30 derajat sehingga pemotong berada di bawah. Ukuran sudut untuk menahan berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi gergaji anda. Untuk gergaji mesin hal tersebut sangat penting untuk menyesuaikan sudut asli dan rantai gergaji.

8. Tekan kikir dari sudut yang lebih pendek ke bagian yang lebih panjang

Pastikan anda menekan kikir dari sudut yang lebih pendek ke bagia yang lebih panjang pada gergaji anda dan gunakan gerakan memutar kikir seperlunya untuk menghentikan chip besi (isian) yang dipindahkan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan permukaan potong yang lebih halus dan tajam. Teruslah mengikir dengan cara tersebut ke semua gigi gergaji hingga selesai.

Untuk hasil yang yang sempurna pada gergaji mesin, sebaiknya anda memberikan minyak pada rantai gergaji setelah gigi gergaji dikikir dan jangan lupa untuk memeriksa tekanannya pada gergaji mesin anda.
Setelah semua langkah-langkah di atas dilakukan dengan baik, andapun dapat menggunakan gergaji anda untuk memotong dengan kekuatan dan ketajaman yang baik, sehingga mempermudah pekerjaan anda.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment