≡ Menu

Cara Mencari Hari Lahir Berdasarkan Weton

Bagaimanakah mencari hari lahir berdasarkan weton Jawa?

Sebagaimana anda ketahui bahwa di dalam peradaban Jawa banyak dikenal aturan-aturan yang mengikat. Hal tersebut berdasarkan wawasan dari pada nenek moyang yang suadah turun temurun diyakini dan disosialisasikan.

Dalam istilah Jawa, wawasan atau pengetahuan dari nenek moyang tersebut disebut sebagai “Ilmu Titen”. Hal tersebut dikarenakan aturan-aturan yang berlaku tersebut berdasarkan pengamatan dan pengalaman tetang perubahan alam dengan proses kejadian dalam kehidupan nenek moyang pada masa itu.

Salah satu perhitungan yang masih diyakini hingga saat ini, yaitu penghitungan tanggal lahir atau yang dikenal dengan istilah “Weton”. Penghitungan berdasarkan weton diyakini untuk menentukan hari baik atau buruk dalam mengadakan suatu acara atau kegiatan yang sakral, seperti pernikahan.

Jika anda ingin mengetahui tanggal lahir anda berdasarkan weton Jawa. cara penghitungannya pun tidak sembarangan harus berasarkan tabel perhitungan Jawa. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan Tabel Bulan Tahun Jawa di bawah ini.

tabel bulan tahun jawa

tabel bulan tahun jawa

Cara menggunakan tabel bulan tahun Jawa diatas, yaitu gunakan tanggal lahir anda dan cocokkan pada tabel tersebut. misalnya anda lahir pada tangga 26 Mei 1992.

Perhatikan cara menghitungnya di bawah ini.

1. Anda perhatikan kolom Tahun dan Bulan pada Tabel Bulan Tahun Jawa di atas.

2. Kemudian, tarik garis lurus antara tahun 1992 dengan bulan Mei.

3. Setelah itu, anda akan mendapatkan angka 5 (lima).

Setelah anda mendapatkan angka berdasarkan tabel bulan tahun Jawa tersebut, sesuaikan angka yang anda dapatkan tersebut dengan “Tabel Angka Hari Jawa” di bawah ini.

tabel angka hari jawa

tabel angka hari jawa

Cara menggunakan Tabel Angka Hari Jawa di atas adalah dengan mencocokkannya dengan angka yang di dapat berdasarkan Tabel Bulan Tahun Jawa tadi.

 

Perhatikan cara menghitungnya di bawah ini.

1. Misalnya anda lahir pada tangga 26 Mei 1992 dan angka yang anda dapatkan tadi adalah angka 5 (lima).

2. Kemudian, angka 5 (lima) tersebut anda jumlahkan dengan tanggal lahir anda (angka 26). Jadi 5 + 26 = 31, maka angka yang anda dapatkan adalah angka 31

3. Setelah itu, barulah anda cocokkan dengan Tabel Angka Hari Jawa di atas, ternyata angka 31 jatuh pada hari Selasa

4. Maka, berdasarkan tabel tersebut anda lahir pada hari Selasa.

Setelah mendapatkan hari lahir anda, barulah anda dapat mengetahui weton lahir anda berdasarkan Tabel Pasaran Weton Jawa di bawah ini.

tabel pasaran weton jawa

tabel pasaran weton jawa

Cara menggunakan Tabel Pasaran Weton Jawa di atas adalah dengan memasukkan tanggal lahir anda pada tabel tersebut. misalnya anda lahir pada tangga 26 Mei 1992.

Perhatikan cara melihatnya di bawah ini.

1. Gunakan tanggal 26 sebagai tanggal lahir anda dan cocokkan pada tabel tersebut.

2. Tanggal 26 pada tabel tersebut jatuh pada pasaran Wage

3. Jadi, Weton Jawa anda adalah Wage berdasarkan tabel tersebut

Oleh karena itu dapat disimpulkan jika anda lahir pada tangga 26 Mei 1992, maka weton anda adalah Selasa Wage. Nah, mudah bukan cara mengetahui weton jawa anda berdasarkan tabel-tabel penghitungan Jawa tersebut.

Bagi anda yang meyakini hal tersebut dan ingin melaksanakan pernikahan atau acara lainnya, namum belum mengetahui weton anda dan pasangan anda.

Anda dapat memasukkan tanggal lahir lain berdasarkan tabel tersebut, misalnya tanggal lahir orang tua anda atau tanggal lahir pasangan anda untuk mengetahui hari baik dan buruk untuk melaksanakan acara pernikahan.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment