≡ Menu

Cara Bermain Gobak Sodor

Apa itu permainan gobak sodor? Atau anda belum tahu cara bermain gobak sodor?

Cara Bermain Gobak Sodor

Cara Bermain Gobak Sodor

Gobak sodor atau ada yang menyebutnya Galasin atau permainan Hadang merupakan permainan tradisional masyarakat Indonesia yang masih sering dimainkan oleh anak-anak.

Permainan gobak sodor dimainkan di atas lapangan berbentuk segi empat dengan ukuran lapangan 9 x 4 meter yang dibagi menjadi 6 bagian. Bagian- bagian tersebut dibatasi dengan garis pembatas.

Permainan gobak sodor dimainkan oleh dua tim, yaitu tim yang satu bergerak secara vertikal dan tim lainnya bergaerak secara horizontal. Biasanya terdapat satu orang yang berjaga pada tiap garis batas vertikal. Tugas anggota tim yang menjaga garis batas vertikal tersebut adalah menghalangi jalannya anggota tim yang berjalan secara horizontal. Oleh karena itu permainan ini sangat mengasikkan dan dibutuhkan fisik yang kuat serta analisis yang baik.

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk bermain permainan gobak sodor.

1. Anda terlebih dahulu membuat garis-garis pembatas pada lapangan gobak sodor menjadi 6 bagian. Garis pembatas tersebut dapat anda buat dengan menggunakan kapur tulis atau cat berwarna putih agar jelas garis pembatasnya.

2. Setelah lapangan gobak sodor telah dibuat, langkah selanjutnya adalah anda membentuk dua tim untuk bermain gobak sodor. Satum tim terdiri dari 3 sampai 5 orang anggota (bergantung luas lapangan dan banyaknya orang yang akan bermain). Satu tim akan menjadi tim penjaga dan satu tim lainnya akan menjadi tim penyerang.

3. Tim yang menjadi tim penjaga, menugaskan tiap anggotanya untuk berjaga pada masing-masing garis pembatas vertikal. Tugasnya yaitu menjaga atau menghalau laju anggota dari tim penyerang. Anggota yang bertugas menjaga di garis vertikal harus menjaga keseluruhan garis vertikal tersebut.

4. Tim yang menjadi tim penyerang adalah bertugas untuk melewati garis batas yang telah dijaga tim penjaga agar dapat menyerang hingga garis finish atau garis pembatas yang berada di paling belakang lapangan (base akhir). Kemudian kembali lagi hingga ke garis start atau garis pembatas yang paling depan (base awal).

Setelah anda mengetahui tata cara bermain gobak sodor. Anda juga harus memahami aturan –aturan yang harus anda taati ketika bermain gobak sodor.

Aturan permainan gobak sodor, yaitu:

1. Pemain hanya terdiri dari 2 tim dan beranggotakan maksimal 5 orang.

2. Jika 1 tim terdiri dari 5 orang anggota, maka lapangan harus dibentuk menjadi 4 kotak persegi panjang atau 4 bagian yang 5 x 3 meter (disesuaikan).

3. Tim penjaga hanya bertugas untuk menjaga agar tim lawan tidak bisa menempuh garis finish.

4. Tim penyerang harus berusaha menuju garis finish dan jangan sampai “tersentuh” oleh tim penjaga dan dapat memasuki garis finish dengan syarat tidak ada satu pun anggota penyerang yang masih berada pada wilayah “start”.

5. Tim penyerang dapat dikatakan menang apabila salah satu dari anggota tim penyerang dapat kembali lagi ke garis “start” tanpa tersentuh oleh tim penjaga.

6. Sedangkan, tim penyerang dapat dikatakan kalah apabila salah satu dari anggota tim penyerang tersentuh oleh tim penjaga atau tim penyerang keluar dari garis pembatas lapangan yang telah ditentukan. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan dilakukan pergantian posisi, yaitu tim yang sebelumnya menjadi tim penjaga akan bertugas menjadi tim penyerang dan tim yang sebelumnya menjadi penyerang akan bertugas menjadi tim penjaga.

Itulah peraturan-peraturan dalam permainan gobak sodor. Selain berguna bagi kesehatan, permainan tersebut juga berdampak positif karena dapat meningkatkan kebersamaan dan solidaritas bagi para pemainnya.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment