≡ Menu

Cara Scan Ijazah

Ijazah adalah sebuah dokumen kelulusan yang penting untuk anda simpan. Oleh karena itu, anda wajib untuk mengetahui cara scan ijazah. Dengan mengetahui cara melakukan scan terhadap ijazah anda tersebut, sudah pasti anda akan mampu untuk menyimpan file hasil scanning ijazah tersebut untuk nantinya anda kirimkan ke beberapa perusahaan untuk melamar kerja. Inilah beberapa alasan mengapa anda harus melakukan scan terhadap ijazah anda.

Alasan melakukan scan ijasah yaitu :

1. Untuk Mem-Back Up Data Ijazah

Pertama, manfaatnya adalah untuk mem-back up data ijazah yang anda miliki tersebut. Menyimpannya saja dengan cara delaminating tidaklah cukup. Anda wajib untuk menyimpannya dalam bentuk file juga sehingga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan anda bisa tinggal mengeprint-nya saja. Tidak heran jika banyak orang mencoba untuk melakukan langkah yang satu ini sebelumnya.,

2. Menyimpan Ijazah Ditempat yang Aman

Keamanan adalah hal yang sangat prioritas pada saat anda ingin menyimpan ijazah yang anda miliki. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menyimpannya di tempat yang semestinya. Sudah pasti dengan menyimpan ijazah anda di tempat yang aman, anda pun akan mampu untuk membuat diri anda menjadi lebih baik dan tidak was-was.

3. Memudahkan Pengiriman Ijazah Via Email

Sekarang zaman serba canggih. Anda tidak perlu lagi foto copy ijazah anda, memasukannya kedalam amplop dan mengirimkannya ke perusahaan tempat anda ingin bekerja. Sebenarnya cara untuk melamar kerja cukuplah sederhana. Yang harus anda lakukan adalah dengan membuatnya dalam bentuk file scan (JPG, JPEG, PNG, dan lain sebagainya), setelah itu barulah anda mengirimkannya ke alamat yang dituju. Dengan melakukan cara yang satu ini, anda pun akan bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Cara scanning dokumen yang penting tidak sesusah yang anda bayangkan.

Cara Scan

1. Anda bisa menyecan ijazah anda tersebut dengan menggunakan software berupa Photoshop. Dengan menggunakan software yang satu ini, anda akan mampu mengatur resolusinya dengan baik, misalnya adalah 300 dpi atau resolusi lainnya yang anda butuhkan. Semua itu bisa anda sesuaikan dengan kebiasaan dan juga selere anda.

2. Usai anda menyecan semua dokumen (ijazah, sertifikat dan dokumen lainnya), pastikan bahwa semua dokumen tersebut aktif di Photoshop.

3. Anda bisa memilih pilihan File – Automate – PDF Presentation untuk langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan. Tak lama kemudian kotak seperti gambah dibawah ini nanti akan muncul.

cara scan 1

cara scan 1

4. Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan centang pada Add Open Files. Pada bagian bawahnya jika anda melihat aka nada daftar hasil scan anda dalam bentuk …..psd. Silahkan anda mengatur sendiri urutannya tersebut sesuai dengan yang anda inginkan. Caranya adalah dengan men-drag file tersebut. Tekan tombol browse untuk langkah lebih lanjut.

5. Jika cara tersebut sudah selesai anda lakukan, maka langkah selanjutnya yang harus anda terapkan adalah dengan mengekli tombol Save.

6. Nantinya akan muncul kotak seperti yang ada pada gambar dibawah ini. Pastikan untuk mengganti format compatibility-nya dengan PDF.

cara scan 2

cara scan 2

7. Setelah menunggu sebentar, nantinya anda akan melihat hasil dari file PDF tersebut. Isinya adalah gambar-gambar hasil scan dokumen yang anda inginkan sebelumnya.

Nah, itulah cara scan ijazah yang sederhana yang bisa anda terapkan mulai dari sekarang. Pastikan untuk melakukan langkah yang tepat dalam menyecan ijazah anda ini. Simpan dokumen penting anda sebelum semua terlambat.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment