≡ Menu

Cara Merekam Suara Di Laptop

Anda suka merekam suara di laptop? Namun, anda bingung bagaimana cara merekam suara di laptop? Sebenarnya cara merekam suara di laptop sangatlah mudah dan tanpa menginstal software tambahan, seperti Audacity, Total Recorder, dll.

Cara Merekam Suara Di Laptop

Cara Merekam Suara Di Laptop

Ada 2 macam jenis perekam suara yang dapat anda lakukan tanpa menggunakan software tambahan. Yang pertama adalah merekam suara pada bagian microphone laptop anda. Cara yang kedua adalah merekam langsung dari soundcard laptop anda.

1. Merekam Suara Menggunakan “Microphone” Laptop Anda

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk merekam suara pada bagian “microphone” laptop anda.

1. Langkah pertama adalah sambungkan terlebih dahulu laptop dengan headset anda, dengan memasukkan colokan jack headset ke laptop dan pastikan sambungan tersebut sudah terpasang secara tepat dan sempurna.

2. Selanjutnya, anda klik start pada layar laptop anda dan ketik pada kolom search “recorder”. Kemudian pilih Sound Recorder. Perhatikan gambar di bawah ini.

Sound Recorder

Sound Recorder

3. Setelah anda memilih Sound Recorder, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Klik tombol “Start Recording” untuk mulai merekam suara anda hingga batas waktu yang anda inginkan.

Start Recording

Start Recording

4. Jika rekaman suara dirasa cukup dan untuk mengakhiri rekaman suara anda. Klik tombol “Stop Recording”, maka akan munculan tampilan seperti di bawah ini pada layar laptop anda.

Stop Recording

Stop Recording

5. Setelah mengakhiri rekaman suara, maka pada layar laptop anda akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

tampilan

tampilan

6. Tuliskan nama file suara yang anda rekam sesuai keinginan anda pada kolom “File name”

7. Kemudian klik tombol “Save” untuk menyimpan hasil rekaman suara anda.

8. Kemudian tekan tombol “close” yang ada pada atas layar sebelah kanan untuk menutup.

9. Jika anda ingin merekam suara lagi, anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas dan menyimpan file suara dengan nama yang berbeda dari yang pertama tadi.

Selain merekam suara pada bagian microphone laptop anda. ada cara kedua yang dapat anda lakukan untuk merekam suara di laptoop tanpa menggunakan software tambahan, yaitu dengan merekam suara dari “Soundcard” laptop anda.

2. Merekam Suara Menggunakan “Soundcard” Laptop Anda

Merekam suara dengan manggunakan “soundcard” laptop anda akan membuat suara yang keluar dari microphone tidak ikut terekam. Cara ini biasanya dilakukan untuk merekam suara yang ada pada saat anda menjelajah web, seperti audio streaming, video streaming, dan radio streaming. Format file yang dihasilkan dari merekam suara menggunakan “soundcard” laptop anda berbentuk WMA, anda bisa menggunakan aplikasi Format Factory untuk merubahnya menjadi format MP3.

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk merekam suara pada bagian “microphone” laptop anda.

1. Langkah pertama adalah klik kanan pada gambar “Speaker” yang berada di bagian kiri bawah layar laptop anda, kemudian pilih “Recording Devices”. Perhatikan gambar di bawah ini.

Recording Devices

Recording Devices

2. Setelah anda memilih “recording devices”, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Pilih menu “Recording”. Perhatikan gambar di bawah ini.

Recording

Recording

3. Kemudian klik kanan dibawah microphne, setelah itu pilih “Show Disabled Devices”. Perhatikan gambar di bawah ini.

Show Disabled Devices

Show Disabled Devices

4. Kemudian akan muncul “Stereo Mix”, kemudian klik kanan pada “Stereo Mix” dan pilih “Enabled” untuk mengaktifkan souncard. Perhatikan gambar di bawah ini.

Stereo Mix

Stereo Mix

5. Kemudian, arahkan kursor anda ke “Microphone” dan pilih “Disabled” untuk mematikan microphone. Perhatikan gambar di bawah ini.

Disabled

Disabled

6. Setelah itu, arahkan kembali kursor anda ke “Stereo Mix” dan pilih “Properties” untuk mengatur kualitas audio. Perhatikan gambar di bawah ini.

Properties

Properties

7. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Anda pilih “Advance” dan pilih kualitas suara yang paling bagus. Contohnya studio quality.

Advance

Advance

8. Kemudian klik Apply dan OK, maka anda pun langsung bisa merekam suara pada soundcard laptop anda.
Agar hasil rekaman suara pada soundcard laptop anda bagus dan jernih. Sebaiknya anda menggunakan pengaturan audio yang paling bagus kualitasnya, walaupun hasil filenya akan berukuran besar.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment