≡ Menu

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu Mp3

Anda suka karaoke? Atau anda ingin menyanyikan lagu mp3 favorit anda tanpa vokal? Jika anda memang gemar karaoke dan ingin menghilangkan vookal pada lagu mp3 anda. Sekarang ada cara yang mudah untuk membuat lagu karaoke sendiri dengan laptop atau komputer anda.

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu Mp3

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu Mp3

Untuk dapat menghilangkan suara vokal pada lagu mp3 anda pada laptop dengan menginsatal atau menggunakan software tambahan, seperti Audacity. Audacity merupaka aplikasi yang dapat merekam suara langsung dari microphone dan mengedit lagu, seperti memotong lagu, menggabungkan lagu, mengubah tampo lagu, menghilangkan vokal lagu, dll.  Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan vokal pada lagu mp3 anda menggunakan aplikasi Audacity.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Audacity :

1. Buka aplikasi audacity, maka akan muncul tampilan pada layar laptop anda, seperti gambar di bawah ini.

langkah 1

langkah 1

2. Kemudian, masukan lagu mp3 favorit anda dengan cara klik menu File pilih Import, lau pilih Audio. Atau dengan cara drag and drop, yaitu dengan menahan file lagu dan melepaskannya pada aplikasi Audacity, seperti pada gambar di bawah ini.

langkah 2

langkah 2

3. Kemudian setelah lagu mp3 favorit anda masuk ke Audacity, selanjutnya pilih menu Efek lalu pilh Vocal Remover untuk menghilangkan suara vokal pada lagu mp3 anda. Perhatikan gambar di bawah ini.

langkah 3

langkah 3

4. Kemudian akan muncul pengaturan seperti pada gambar di bawah ini, lalu tekan OK

langkah 4

langkah 4

5. Kemudian, anda putar dan dengar lagunya dengan menekan tombol Play yang ada dibagian kanan atas Audacity, seperti pada gambar di bawah ini. (Jika anda merasa suara yang dihasilkan kurang bagus. Maka anda dapat menambahkan efek dengan klik Efek – Inverter).

langkah 5

langkah 5

6. Langkah untuk menghilangkan suara pada lagu mp3 favorit anda pun selesai. Sekarang saatnya anda menyimpan file suara tersebut dengan cara File – Eksport. Perhatikan gambar di bawah ini

langkah 6

langkah 6

7. Setelah itu, pilih format file yang anda inginkan, lalu tekan Save untuk menyimpan file suara anda. Perhatikan gambar di bawah ini.

langkah 7

langkah 7

Sekarang anda dapat menghilangkan suara vokal pada lagu mp3 anda. selain menggunakan aplikasi Audacity. Anda juga dapat menghilangkan suara vokal pada lagu mp3 dengan aplikasi lain, yaitu Wavosaur. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkan vokal pada lagu mp3 anda menggunakan aplikasi Wavosaur.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Wavosaur :

1. Buka aplikasi Wavosaur pada laptop anda

2. Kemudian, masukan lagu mp3 favorit anda dengan cara klik menu File dan pilih Open. Perhatikan gambar di bawah ini.

2.cara

2.cara

3. Setelah itu, untuk menghilangkan suara vokal pada lagu mp3 anda. klik menu Process kemudian pilih Vocal Remover. Perhatikan gambarnya di bawah ini.

3.cara

3.cara

4. Lagu mp3 tanpa vokal pun sudah berhasil dibuat. Untuk menyimpan file tersebut klik menu File kemudian pilih Export. Perhatikan gambarnya di bawah ini.

4.cara

4.cara

Setelah anda mengetahui langkah-langkah dar kedu cara menghilangkan suara vokal pada lagu mp3 tersebut, anda dapat langsung mengaplikasikannya pada lagu favorit anda. Jika anda belum memiliki aplikasi Audacity dan Wavosaur, anda dapat menginstalnya terlebih dahulu pada laptop anda.

Sekarang, anda tidak perlu bingung lagi untuk menyanyikan atau membuat lagu karaoke pada lagu favorit anda. langkah-langkah di atas juga dapat digunakan untuk lagu dengan format file selain mp#, seperti wav, Ogg, Flag, dll.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment