≡ Menu

Cara Mengedit Hasil Scan (OCR Software)

Software OCR atau yang terkenal dengan sebutan Optical Character Recognition adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi anda yang suka mengedit hasil scanner. Kali ini anda akan mendapatkan ulasan mengenai cara mengedit hasil scan ( ocr software). Dengan mengetahui cara mengedit hasil scan, maka anda tidak perlu waktu lama lagi untuk mengedit hasil scan yang telah anda buat sebelumnya. Dengan fitur yang sedemikian rupa, anda nantinya akan bisa membuat hasil scanner yang bisa dirubah menjadi lebih menarik sesuai dengan keinginan anda.

Ini sangat berguna pada saat anda sedang mengedit hasil scan yang berupa tulisan atau gambar. Anda mungkin akan merasa kesulitan dan mungkin akan mengeluarkan banyak waktu jika ingin mengedit hasil scan berupa tulisan maupun gambar dengan cara manual. Menulisnya semua dengan rewrite (tulis ulang) bukanlah ide yang bagus karena nantinya anda akan menghabiskan tenaga yang semakin banyak lagi.

Keuntungan menggunakan software OCR adalah :

1. Lebih Mudah Mengedit Hasil Scan

Tentunya anda akan bisa lebih mudah dalam mengedit hasil scan anda dengan menggunakan software OCR ini. Banyak orang yang menggunakan software ini untuk keperluan tertentu, baik itu bisnis, tugas kuliah maupun untuk keperluan umum. Mengingat software yang satu ini sangat menarik dan berguna, tidak heran jika banyak orang yang memilikinya di PC atau Laptop mereka.

2. Memiliki Ukuran yang Tidak Besar

Jangan khawatir dengan ukuran dari OCR ini. Anda akan melihat bahwa ukuran file dari OCR ini tidak sebesar yang anda bayangkan. Jika anda menggunakan software yang satu ini, maka anda pun akan bisa menginstallnya tanpa perasaan cemas lagi. Semua orang bisa menginstall software ini di laptop mereka tanpa kesulitan.

3. Punya Banyak Fitur Editing yang Banyak

Yang paling menarik adalah banyak fitur editing yang akan bisa anda dapatkan disini. Pastikan untuk membaca manualnya terlebih dahulu sebelum anda melangkah lebih jauh untuk menggunakan software ini. Dengan demikian, anda pun akan mampu mendapatkan banyak manfaat yang diinginkan. Jangan khawatir bahwa anda akan bisa melakukannya mulai dari sekarang. Cara mengedit hasil scan ( ocr software) cukuplah mudah.

Langkah mengedit hasil scan

1. Buka File yang ingin Dirubah (Klik Open File yang ada di menu kiri atas software ini).

2. Pastikan bahwa file yang anda akan edit tersebut adalah file dengan formal JPG atau JPEG.

3. Pilih menu OCR yang tersedia di software ini.

4. Lanjutkan dengan memilih pilihan Start OCR Process.

5. Kini langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyimpan atau meng-copy hasil konversi yang sudah anda buat tadi.

6. Sebelum anda menggunakan software ini, hal penting yang harus dimiliki oleh komputer atau PC anda adalah Net Framework.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengedit hasil scan. Perlu anda ketahui bahwa tidak ada software di dunia ini yang sempurna. Bahkan software yang terbaik ini pun juga punya kelemahannya sendiri. Salah satu kelemahan dari software ini yang akan anda temukan adalah kemampuannya dalam melakukan konversi yang terkadang sedikit kacau. Oleh karena itu, anda mungkin harus membiasakan menggunakan software ini sebelumnya.

Kesimpulannya, software yang satu ini adalah pilihan yang tepat untuk anda. Banyak sekali manfaat yang akan bisa anda temukan darinya.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment