≡ Menu

Cara Mengoperasikan Mesin Cuci

Anda bingung bagaimana cara mengoperasikan mesin cuci? Atau anda takut salah dalam mengoperasikan mesin cuci?

Cara Mengoperasikan Mesin Cuci

Cara Mengoperasikan Mesin Cuci

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini. Semua hal dapat dilakukan dengan menggunakan mesin, termasuk mencuci baju.

Banyak sekali bentuk dan model msin cuci yang dapat anda gunakan untuk membantu kegiatan mencuci baju anda sehingga lebih mudah dan cepat. Namun, sebagian orang sudah terbiasa mencuci baju dengan cara manual atau disikat, sehingga bingung ketika mengoperasikan mesin cuci.

Mesin cuci dibuat dengan banyak tombol atau tuas pemutar yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkan baju anda secara otomotatis. Agar anda tidak kebingungan dan salah langkah dalam mengoperasikan mesin cuci. Ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk mengoperasikan mesin cuci, yaitu pencucian, pembilasan, dan pengeringan.

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk mengoperasikan mesin cuci di rumah anda.

A. Proses Pencucian

1. Langkah pertama, atur posisi tombol pembuangan air pada posisi “wash”.

2. Setelah itu, Pisahkan pencucian antara pakaian berwarna dan pakaian putih. Agar pakaian putih tidak terkena lunturan pakai yang berwarna.

3. Setelah itu isi tabung mesin cuci dengan air bersih. Sesuaikan volume air dengan jumlah pakaian anda.

4. Kemudian, masukkan deterjen ke dalam mesin cuci. Jika mesin cuci anda terdapat box deterjen, masukkanlah deterjen pada box tersebut.

5. Setelah itu, masukkan pakaian kotor anda ke dalam mesin cuci hingga terendam dalam air. Pastikan jumlah pakaian anda, tidak lebih dari dua pertiga tabung mesin cuci agar mesin cuci dapat berputar dengan maksimal.

6. Diamkan pakaian anda di dalam mesin cuci kurang lebih 15 menit, agar kotoran-kotoran pada pakaian anda terlepas.

7. Setelah itu, putar timer pencucian dan sesuaikan dengan jumlah pakaian anda. Jika pakaian yang akan anda cuci semakin banyak, maka putarlah siklus pencucian dengan jangka waktu yang lama. Diamkan hingga siklus pencucian kembali ke titik 0.

8. Setelah timer pencucian selesai, pindahkan tombol pembuangan air pada posisi “drain” maka air akan keluar dari dalam mesin cuci menggunakan selang yang terdapat pada bagian belakang mesin cuci. Biarkan hingga seluruh air bekas pencucian keluar.

9. Setelah pembungan air selesai kembalikan tombol pembuangan air pada posisi “wash”.

B. Proses Pembilasan

1. Isi kembali tabung mesin cuci dengan air bersih. Sampai seluruh pakaian anda terendam air.

2. Kemudian, putar timer pencucian kurang lebih sepermpat putaran agar pakaian bebas dari sisa deterjen pencucian.

3. Setelah timer pencucian selesai (kembali ke titik 0), pindahkan tombol pembuangan air pada posisi “drain” maka air akan keluar dari dalam mesin cuci menggunakan selang yang terdapat pada bagian belakang mesin cuci. Biarkan hingga seluruh air bekas pencucian keluar.

4. Setelah proses pembilasan selesai. Angkat pakaian anda dari dalam tabung mesin cuci.

C. Proses Pengeringan

1. Masukkan pakaian yang sudah di bilas ke dalam tabung pengering. Padatkan pakaian dengan cara ditekan agar seluruh tabung pengeringan terisi pakaian.

2. Setelah tabung pengering telah terisi penuh dengan pakaian. Tutup penutup taabung dan putar “spin timer” kurang lebih setengah putaran. Tunggu hingga mesin benar-benar berhenti.

3. Setelah itu, buka penutup tabung pengering dan angkat pakaian anda

4. Kemudian pindahkan pakaian pada wadah atau ember untuk langsung dijemur.

Setelah pencucian dengan mesin cuci selesai, pastikan anda mencabut stop kontak mesin cuci dan membersihkan tabung mesin cuci dengan air. Hal tersebut bertujuan agar tabung mesin cuci anda tidak mudah terkena jamur dan berbau.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment