≡ Menu

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng

Dalam rangka melakukan dekorasi rumah, terutama pada bagian atasnya atau bagian genteng, anda perlu mengetahui cara menghitung kebutuhan genteng yang akurat. Dengan mengetahui cara menghitung genteng secara baik dan benar maka anda pun akan mampu untuk mendekorasi rumah yang anda miliki dengan cara yang terbaik. Dengan melakukan penghitungan genteng secara matang maka langkah merenovasi rumah akan berjalan dengan mudah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa genteng adalah sebuah bahan yang sangat penting bagi rumah anda. Genteng yang ada di rumah anda sudah pasti akan memiliki fungsi yang signifikan yaitu melindungi rumah dari sinar matahari, hujan dan juga hal-hal lainnya. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi anda untuk memilih pilihan genteng yang berkualitas. Dengan memilih genteng yang berkualitas maka anda pun akan mampu mendekorasi rumah anda dengan lebih baik lagi.

Menghitung kebutuhan genteng akan memberikan sebuah manfaat, yaitu menjadikan anda lebih hemat dalam mengeluarkan budget untuk renovasi rumah. Dengan mengetahui cara menghemat budget yang paling efektif maka anda pun akan lebih mudah dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Dekorasi bisa anda lakukan dengan maksimal, budget yang anda keluarkan pun juga bisa dialokasikan untuk hal lainnya.

Hitung Luas Atap

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menghitung luas atap yang anda miliki. Biasanya anda bisa menghitung kemiringan atau tembereng yang ada pada atap rumah anda. Karena tembereng tersebut berbentu persegi tentu saja tidak akan sangat sulit dalam menghitung luasnya. Anda bisa menghitung luasnya dengan menggunakan rumus berupa P X L. Jika ada dua tembereng yang akan digunakan maka anda harus mengalikan hasil dari P X L tersebut dengan dikalikan dua. Setelah itu, jangan lupa untuk mengalikan dengan volume isi dari genteng rumah anda.

Contohnya bisa anda lihat berikut ini.
Diketahui: Ada sebuah rumah yang memiliki ukuran panjang sebesar 12 meter dan lebar sebesar 6 meter. Cara melakukan penghitungan untuk atap rumah tersebut adalah sebagai berikut:
Jawab: P X L X 2 = 12 X 6 X 2 = 144 cm2.

Bagi anda yang menggunakan genteng yang berbentuk press, biasanya untuk tiap meter perseginya adalah 25 buah genteng. Maka dari itu, jumlah genteng yang nantinya harus anda siapkan adalah 144 m2 x 25 buah genteng = 3600 buah. Jadi genteng yang harus anda beli atau anda sediakan nantinya adalah 3600 buah.

 

Kini anda telah mengetahui cara untuk menghitung genteng yang ada di rumah anda. Melalui cara menghitung genteng yang dibutuhkan secara akurat, anda pun akan bisa melakukan dekorasi terhadap rumah anda dengan lebih mudah dan cepat. Cara yang satu ini tentunya bisa anda terapkan sebelum anda hendak mendekorasi rumah anda terutama pada bagian atap.

Jangan sampai anda membeli genteng rumah anda dengan gelap mata. Artinya anda tidak peduli berapa genteng yang dibutuhkan. Yang penting anda menyediakan genteng sebanyak-banyaknya. Ini akan membuat anda kerja dua kali jika gentengnya kurang. Namun jika genteng yang dibeli kebanyakan anda akan buang-buang budget anda. Sudah saatnya bagi anda untuk berpikir cerdas dalam rangka memberikan genteng yang terbaik untuk rumah anda. Rumah yang memiliki genteng dengan jumlah yang tepat akan memberikan manfaat.

Kesimpulannya, anda bisa menerapkan cara menghitung genteng yang disediakan diatas apabila anda ingin lebih mudah dalam mendekorasi atap rumah anda tanpa buang-buang uang.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment