≡ Menu

Cara Mengasah Pisau yang Benar

Cara Mengasah Pisau yang Benar

Cara Mengasah Pisau yang Benar

Memiliki pisau yang tajam akan memudahkan anda dalam memotong makanan. Oleh karena itu anda bisa mengikuti panduan cara mengasah pisau yang benar berikut ini. Mengasah pisau tidak sesulit yang anda bayangkan. Akan tetapi, anda harus melakukannya dengan benar. Yang paling penting lagi adalah melakukannya dengan cara berkala agar ketajaman dan kualitasnya bisa tetap terjaga.

Media yang bisa anda gunakan untuk mengasah pisau baja tersebut adalah batu. Apabila anda membeli satu set pisau lengkap, biasanya anda juga akan mendapatkan pengasah pisau baja didalamnya. Pastikan untuk membeli pisau yang ukurannya lebih panjang dari pisau terpanjang yang anda miliki.

Berikut adalah cara mengasah pisau yang benar yang bisa anda terapkan:

1. Peganglah bagian pengasah pisau di salah satu tangan anda, setelah itu pisaunya di tangan yang lain. Pastikan bahwa sisi pisau yang tajam tersebut kira-kira 20 derajat menyentuh pengasahnya. Letakan sisi dari pisau tajam tersebut atau bagian yang terdekat dengan gagang pisau ini pada bagian atas pengasahnya.

2. Setelah itu dengan gerakan yang cepat, anda bisa mengasah pisau tersebut dari seluruh baja pisau ini hingga ujungnya. Gosokan dari atas sampai bawah pengasah. Pastikan untuk tetap mempertahankan sudut 20 derajat yang telah dijelaskan di bagian pertama diatas. Ini sangat bergguna akan tajam pisau bisa menjadi selaras dengan benar. Berikan tekanan secara perlahan dan ringan.

3. Selanjutnya, ulangilah gerakan penajaman ini dari sisi yang berlawanan dengan baja pisau anda. Jumlah gesekan yang harus anda terapkan adalah 6 sampai dengan 10 gesekan banyaknya. Ini cukup untuk menciptakan ketajaman pisau yang anda inginkan.

4. Setelah itu, ciptakan gesekan terakhir secara perlahan pula. Tapi jangan terlalu menekan pada saat anda melakukannya. Anda tidak boleh membiarkan sisi pisau menyentuh pengasah pisaunya karena ini akan memicu pisau anda tergores. Sisi dari pisau yang tajam selalu pada sudut 20 derajat.

Penajaman pisau bisa dilakukan dengan banyak cara. Apabila anda sudah membeli satu set pisau maka anda akan bisa mendapatkan termasuk batu pengasahnya. Anda juga bisa menggunakan batu biasa apabila anda menginginkan. Dengan menggunakan batu biasa maka proses mengasah akan bisa dilakukan dengan lebih efisien dan mudah.

Batu Minyak untuk Menajamkan Pisau

Batu minyak bisa anda gunakan untuk menajamkan pisau. Langkah yang satu ini akan mampu anda terapkan dengan mudah. Batu minyak juga mampu untuk memberikan hasil asahan yang terbaik.

Namun beberapa orang memilih untuk mengasahnya dengan menggunakan batu minyak. Caranya cukup mudah, yang harus anda lakukan adalah dengan melumuri batu dengan air dan kemudian gosokan dengan cairan pencui atau sabun yang telah anda sediakan sebelumnya. Ini bisa anda lakukan sebelum proses penajaman dilakukan.

Cara melakukannya juga serupa dengan prosedur diatas. Langkah yang harus anda lakukan adalah memegang pisau dengan sudut 20 derajat dengan batu. Setelah itu, gesekan sepanjang pisau tersebut dari atas kebawah. Setelahnya, gesekan pisau tersebut ke arah sebaliknya. Pastikan untuk menggunakan tekanan yang lembut pada saat melakukannya. Ini akan menjaga kualitas asahan dari pisau yang akan anda gunakan tersebut.

Kesimpulannya, mudah sekali cara mengasah pisau yang benar yang bisa anda lakukan. Jika anda ingin mengasah pisau anda dengan cara yang tepat maka ikutilah beberapa prosedur yang sederhana diatas untuk melakukannya.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment