≡ Menu

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung

Anda ingin menanam jahe merah? Namun bingung cara menanam jahe merah di dalam karung? Bisnis jahe merah saat ini sangat menguntungkan karena permintaan akan jahe merah di pasar nasional dan internasional sanggat tinggi, selain itu belum banyak orang yang melakukan budidaya jahe merah tersebut.

Nah, hal tersebut dapat dijadikan peluang bagi anda untuk mulai menanam jahe merah. Menanam jahe merah dapat anda lakukan di dalam karung, sehingga menghemat tempat untuk menanam dan biaya modal yang dikeluarkan.

Ada beberapa tahapan yang harus anda ketahui, guna menanam jahe merah dalam karung, yaitu persiapan bibit, penyemaian bibit, media penanaman, cara penanaman, dan perwatan.

Berikut ini tahapan menanam jahe merah :

1. Persiapan Bibit Jahe Merah

Untuk mendapatkan bibit jahe merah yang baik, anda dapat mengambilnya dari tanaman jahe merah yang sudah berumur tua. Pastikan usia tanaman jahe merah kira-kira berumur 10 bulan ke atas dengan bentuk fisik yang besar dan memiliki warna yang cerah.

Setelah anda mendapatkan bibit, anda jemur bibit jahe merah berupa rimpang jahe tersebut. Usahakan jangan sampai terlalu kering menjemurnya, setelah itu angkat dan anda simppan di dalam temapt yang memiliki suhu ruang yang baik selama 1 sampai 1 ½ bulan.

2. Penyemaian Bibit Jahe Merah

Setelah 1 sampai 1 ½ bula di simpan, rimpang jahe merah tersebut anda keluarkan dan anda potong atau dipatahkan menggunakan tangan. Setip satu potong atau patahan memiliki 3 sampai 5 mata tunas, kemudian anda jemur selama satu hari.

Setelah dijemur, angkat patahan tersebut dan masukkan dalam wadah. Setelah itu anda rendam ke dalam larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh kurang lebih selama 1- 2 menit. Setelah itu, anda keringkan patahan rimpang jahe tersebut.

Setelah itu, lakukan penyemaian terhadap bibit. Penyemaian bibit di lakukan di dalam petak-petak yang berisi bubuk abu atau sekam setebal 5- 10 cm pada bagian dasarnya dan dilapisi dengan tanah serta pasir halus setebal 5 cm. Taruh bibit jahe tersebut secara merata, kemudian ditutup dengan pasir halus dan bambu pelengkung dengan tinggi 40 cm, lalu tutup lagi dengan plastik.

Penyemaian berguna agar jahe merah tumbuh secara serempak. Lakukan proses penyamaian selama 3 sampai 5 minggu.

3. Persiapan Media Tanam

Sebagai media tanam jahe merah anda, siapkan pupuk kandang, pasir halus, sekam bakar atau abu, tanah, dolomit dan NPK : 1% dari semua campuran dan MOL (stater mikroba). Setelah itu, campur semua bahan tersebut dan aduk rata, kemudian tutup dengan plastik.

Lakukan pengadukan setiap pagi pada media tanam tersebut dan tutup dengan plastik lagi setelah diadauk. Setelah 7 sampai 15 hari media tanam tersebut siap untuk digunakan.

4. Penanam Jahe Merah di Dalam Karung

Untuk melakukan penanaman, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan karung. Kemudian karung tersebut ditekuk melebar dan masukkan media tanam tadi ke dalam karung.
Setelah itu, seleksi bibit yang telah anda semai sebelumnya. Pilihlah bibit jahe merah yang besar dan sehat. Kemudian tanam bibit tersebut ke dalam karung yang telah diisi media tanam tadi (pupuk kandang, tanah, dll.).

Kemudian, anda susun rapi karung-karung berisi bibit jahe tersebut dengan rapi. Untuk mengurangi curah hujan dan terik matahari, anda dapat memasang paranet tinggi di atasnya sepanjang 1,5 meter.

5. Perawatan Jahe Merah

Perawatan terhadap tanaman jahe merah sangat mudah dilakukan dan tidak ribet. Anda hanya perlu melakukan pembenihan dan penyiraman setiap 2-3 minggu sekali. Di saat yang bersamaan anda juga dapat menyiramkan air yang dicampur bubuk organik dan menyemprotkan insektisida atau fungisida organik pada media tanam guna menghilangkan hama dan penyakit pada tanaman jahe merah.

Setelah lima tahapan tersebut anda lakukan dengan baik, maka dalam waktu 8-10 bulan anda sudah dapat memanen hasil jahe merah anda. Dalam satu karung anda dapat memanen jahe merah hingga 20 kg. Jadi, anda dapat mendapatkan untung yang banyak jika anda menanam jahe merah menggunakan jumlah karung yang banyak pula.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment