≡ Menu

Cara Membasmi Hama Tikus di Sawah

Tentunya akan sangat menjengkelkan apabila anda melihat ada tikus yang menyerang sawah anda. Tikus yang menyerang sawah tersebut tentu saja akan membuat hasil panen anda rusak dan beberapa ada yang dimakan oleh hewan nakal ini. Dengan mengetahui cara membasmi hama tikus di sawah, maka anda pun akan menemukan langkah yang terbaik dalam membasmi hama tikus yang sangat mengganggu tersebut. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir tikus sebenarnya tergolong sangat simple.

Cara Membasmi Hama Tikus Secara Cepat

1. Singkong

Singkong adalah bahan makanan yang tepat untuk membasmi hama tikus di sawah anda. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bukan kalau anda bisa mengusir tikus dengan mudah menggunakan bahan yang satu ini?

Langkahnya cukup sederhana, yang harus anda lakukan adalah dengan mengupas singkong yang anda siapkan terlebih dahulu. Selanjutnya anda bisa memarutnya namun jangan mencucinya. Siapkan air kelapa hijau dan campurkan singkong yang telah anda parut tersebut kedalamnya. Setelah itu kukuslah. Sebaiknya jangan terlalu panas pada saat mengukus. Kira-kira suhu yang harus anda gunakan adalah 40 derajat celcius. Setelah matang, masukan atau letakan singkong ini kedalam lubang sarang tikus. Atau anda juga bisa menaruhnya ke tempat yang biasanya dilalui oleh tikus.

2. Buah Kolang-Kaling

Buah kolang kaling juga akan bisa menjadi bahan yang utama untuk mengusir tikus yang ada di sawah. Gunakan kolang-kaling mudah yang telah dicacah sebelumnya. Setelah itu, letakan buah ini di lubang atau jalan yang sering dilalui oleh tikus. Tikus yang terkena buah ini akan langsung merasakan gatal-gatal yang teramat sangat. Selain itu, jika temannya tersenggol maka temannya itu juga akan ikut gatal juga.

3. Buah Maja

Buah maja adalah bahan lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengusir tikus dengan cepat. Anda bisa membelahnya menjadi 4 atau 8 bagian. Setelah itu letakan buah ini di sawah. Alhasil tikus nakal yang ada di sawah anda akan segera pergi dengan cepat.

4. Buah Mengkudu

Buah mengkudu sering dikaitkan dengan manfaatnya untuk mengatasi masalah kesehatan. Akan tetapi, jenis buah yang satu ini juga akan bisa membuat tikus pergi jauh. Caranya cukup mudah. Potonglah buah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Setelah itu, letakan mengkudu tersebut ke tempat yang sering dilalui tikus, yaitu di sawah dan sebagainya. Bau dari buah yang sangat tidak enak ini sangat menyengat! Akibatnya tikus yang ada di sawah ini akan pergi dengan segera.

5. Buah Durian

Buah durian terkenal dengan baunya yang sangat menyengat. Oleh karena itu, buah yang satu ini akan bisa membuat tikus nakal yang ada di sawah pergi jauh. Potonglah buah durian ini menjadi beberapa bagian. Makanlah isinya, namun gunakan kulitnya dan juga ampas sisanya untuk diletakan di sawah. Ini akan membuat tikus menjadi tidak betah saat berada di sawah tersebut.

6. Batang Tanaman yang Berduri dan Tajam

Ada beberapa jenis tanaman yang berduri tajam yang bisa anda gunakan sebagai perangkap untuk membuat tikus tidak betah di sawah. Potongnya beberapa batang tanaman yang berduri tajam, misalnya pelapah buah salak. Setelah itu letakan di sawah. Tikus yang menginjaknya akan terluka dan mati.

Itulah beberapa cara mengusir tikus dengan cara alami yang bisa anda terapkan. Kini tidak ada lagi tikus yang mengganggu di sawah anda. Anda bisa memanen dan menanam hasil panen dengan lebih mudah.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment