≡ Menu

Cara Penyebaran Islam di Indonesia

Cara Penyebaran Islam di Indonesia

Cara Penyebaran Islam di Indonesia

Agama islam adalah agama yang dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, Arab dan Persia. Pertanyaanya adalah bagaimana cara penyebaran islam di indonesia tersebut? Indonesia memiliki dominasi penduduk islam yang sangat banyak. Tentu saja hal ini dikarenakan sejarah penyebaran agama islam itu sendiri yang cukup baik di tanah air. Hubungan dagang dianggap sebagai salah satu cara yang signifikan dalam rangka menyebarkan agama islam ini. Perlu anda ketahui bahwa penyebaran agama islam ini tidak semata-mata karena perdagangan saja, akan tetapi ada beberapa langkah penyebaran agama islam yang dilakukan oleh para ulama tersebut.

Penyebaran Islam Melalui Perdagangan

Pertama, cara penyebaran islam di indonesia yang paling banyak diterapkan adalah dengan melalui perdaganga. Di pelabuhan-pelabuhan Indonesia, banyak sekali pedagang dari Arab dan Gujarat yang datang. Mereka kemudian berinteraksi dengan raja-raja dan bangsawan, serta masyarakat setempat yang ada di Indonesia. Adanya interaksi yang terjadi pada kedua belah pihak tersebut kemudian menyebabkan penyebaran agama islam berjalan dengan sangat mudah dan lancar.

Penyebaran Islam Melalui Perkawinan

Islam juga disebarkan melalui perkawinan. Ada sebuah kampung di Indonesia pada masa itu yang bernama kampung Pekojan. Kampung ini adalah tempat para musafir dan pedagang dari Gujarat tersebut berdatangan. Dalam perkampungan ini, beberapa bangsawan dari Gujarat menikahi pribumi atau wanita Indonesia. Dengan pernikahan tersebut, kemudian lahirlah anak-anak dan keturunan yang beragama islam. Mereka juga meminang beberapa putri raja dan bangsawan sehingga penyebaran agama islam pun berlangsung dengan sangat cepat melalui cara yang satu ini.

Penyebaran Islam Melalui Pendidikan

Cara penyebaran islam di indonesia juga dilakukan dengan menggunakan pendidikan. Pendidikan adalah salah satu faktor utama penyebab menyebarknya agama islam di Indonesia dengan sangat cepat. Ditambah lagi, banyak sekali pemuda dari berbagai kalangan yang menerima pendidikan agama islam yang diajarkan. Usai tamat dari pendidikan islam tersebut, mereka pun memiliki ilmu pengetahuan yang cukup dan mendirikan pondok pesantren di daerahnya masing-masing. Dengan demikian, penyebaran agama islam pun terus mengakar hingga kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia saat ini.

Penyebaran Islam Melalui Dakwah

Cara penyebaran islam di indonesia yang paling efektif dilakukan pada masa itu adalah dakwah yang dilakukan oleh kalangan masyarakat sekitar. Di Indonesia, banyak sekali juru-juru dakwah yang terkenal pada masa itu. Juru dakwah tersebut kemudian menyebarkan agama islam dengan metode yang signifikan. Salah satunya yang terkenal di pulau Jawa adalah penyebaran agama islam melalui Wali Songo. Wali Songo ini menyebarkan agama islam melalui Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Derajat, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Muria.

Penyebaran Islam Melalui Kesenian

Penyebaran agama islam melalui keseninan sangatlah ampuh dilakukan pada masa itu. Salah satunya yang melakukan hal ini adalah Sunan Kalijaga. Beliau menyebarkan agama islam dengan memadukan budaya dengan agama islam. Alhasil, banyak masyarakat yang kemudian terketuk hatinya untuk masuk agama islam. Wali juga sangat berperan besar dalam menyebarkan agama islam melalui kesenian. Mereka juga menyebarkan agama dengan cara menjadi penasehat para raja-raja, dan juga mengembangkan kebudayaan daerahnya masing-masing yang kemudian disesuaikan dengan budaya islam. Salah satunya yang dilakukan Sunan Kalijaga adalah dengan menyebarkan islam dengan menerapkan kesenian wayang dan juga kesenian lainnya. Cara ini pun juga dilanjutkan oleh generasi-generasi berikutnya.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment