≡ Menu

Cara Nabi Mendidik Anak

Cara Nabi Mendidik Anak

Cara Nabi Mendidik Anak

Anak adalah rezeki sekaligus titipan untuk manusia. Mendidik anak dengan baik adalah kewajiban bagi setiap orang tua. Dengan mendidik anak mereka secara baik, maka anak tersebut akan memiliki karakter yang terpuji dan baik budi pekertinya. Pengetahuan mengenai cara nabi mendidik anak bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk mendidik anak dengan baik. Dalam mendidik anaknya, ada dua tahap yang dilakukan oleh nabi. Tahap pertama yaitu mendidik anak saat lahir hingga usianya 3 tahun. Setelah itu tahap kedua yaitu pada saat anak berusia 4 – 10 tahun.

Cara Mendidik Anak Usia 0 – 3 Tahun

Mendoakan dan memberikan kasih sayang kepada bayi bisa dimulai saat bayi tersebut masih berada dalam kandungan. Setelah sang bayi lahir maka wajib untuk disambut dengan adzan. Sangat dianjurkan pula untuk memperdengarkan dzikir dan juga doa-doa kepada bayi tersebut. Ini bertujuan untuk membuat sang bayi mengenal ayat-ayat suci Allah. Selain itu, dia dan dzikir juga akan membuat sang buah hati menjadi pribadi yang sholeh dan juga taat kepada agama. Saat bayi baru lahir, maka orang tua wajib untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk bayi ini. Setelah usia mencapai 7 hari maka sebaiknya mulai memberikannya nama. Pada usia ke 7 hari tersebut juga disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah.

Mendidik anak bisa dilakukan di usia 1 – 3 tahun dengan cara menanamkan tauhid kepadanya sejak dini. Mengajarkan mulai dari hal-hal yang sederhana, misalnya makan dengan tangan kanan, tidak bersuara saat makan, masuk ke kamar mandi dengan kaki kanan, tidak ramai atau berteriak-teriak pada saat orang tua berbicara, dan lain sebagainya.

Setelah itu, orang tua wajib untuk mendidik anaknya dengan selalu menghadirkan wajah yang ceria kepadanya. Ciuman penuh kasih sayang juga wajib untuk diberikan kepada sang anak. Dengan memberikan ciuman, maka secara tidak langsung anda mengajarkan anak anda arti penting dari cinta dan kasih sayang. Memberi hadiah kepada anak juga bisa menjadi cara mendidik yang baik. Anak akan bisa mengetahui arti penting dari saling memberi satu sama lain. Anak juga sebaiknya diajarkan untuk memahami arti penting dari sebuah kejujuran.

Cara Mendidik Anak Usia 4 – 10 Tahun

Di usia 4 – 10 tahun, orang tua wajib untuk membiasakan panggilan kasih sayang dengan nada yang lembut kepada sang anak. Orang tua juga harus menemaninya bermain sambil belajar. Anak juga harus diberi kesempatan untuk bermain supaya mereka bisa mengisi waktu luang dengan sesuatu yang menyenangkan.

Mengajarkan komunikasi kepada anak adalah hal lain yang tak kalah pentingnya. Dengan mengajarkan komunikasi kepada anak, maka mereka akan memahami dan mampu menerapkan cara bertutur kata yang baik. Selain itu anak juga harus diajari mengenai adab makan dan juga membiasakan makan bersama dengan keluarga. Mengajarkan dzikir kepada anak juga adalah hal yang tak kalah pentingnya.

Anak juga wajib diajarkan untuk sholat 5 waktu dan adzan. Sholat 5 waktu adalah kewajiban rutin yang wajib dilakukan oleh umat islam. Anak juga harus diajarkan untuk hormat kepada saudaranya yang lebih tua dan mendidik anaknya untuk menghormati saudaranya yang lebih muda. Anak juga sebaiknya dilatih kecerdasannya untuk mengikuti lomba dan mengikuti kompetisi lainnya. Ini akan membantu mengasah kemampuan yang dimiliki oleh anaknya agar bisa menjadi lebih baik. Apabila anak mampu maka mereka boleh ditunjuk menjadi imam.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment