≡ Menu

Cara Menghormati Guru

Cara Menghormati Guru

Cara Menghormati Guru

Apa yang terlintas dipikiran anda saat mendengar kata “Guru”? Mungkin ada yang berpendapat Guru adalah sosok yang pintar, adapula yang berpendapat Guru adalah seseorang yang mempunyai hati mulia, atau ada juga beranggapan Guru adalah sosok yang menakutkan. Tetapi menurut saya, Guru adalah salah satu sosok yang berpengaruh untuk menjadikan saya menjadi orang yang jujur, pintar, menghormati dan menghargai sesama kita.

Saya pernah mendengar cerita dari salah seorang teman, bagaimana anak-anak jaman sekarang yang kurang sekali untuk menghargai dan menghormati guru-guru di sekolah mereka, bahkan terkesan jika anak-anak saat berbicara dengan guru mereka terdebgar cukup kasar dan kurang sopan santun.

Sempat terpikir, apakah mereka tidak diajarkan oleh orang tua mereka dirumah untuk bisa menghargai guru ataukah tidak ada yang menegur mereka jika mereka berkata dan berperilaku yang sopan kepada Guru?. Atau malah anak-anak sering menirukan apa yang kita lakukan sebagai orang tua, sifat kita, perbuatan kita, sampai pada ucapan kita ia tirukan dan mungkin saja mereka terpengaruh oleh lingkungan nya, untuk bertindak kurang sopan dan berkata yang kurang baik.

Saat dulu orang tua saya berpesan kepadaku saat berangkat sekolah, pesan nya begini “Nak, disekolah harus baik dan sopan dengan teman dan terutama Guru mu yah. Guru adalah orang tua mu saat di sekolah”. Dan, sampai saat ini masih ternggiang dan harus kuajarkan ke anak-anak ku kelak nanti. Hari ini saya mau berbagi kepada teman-teman semua, terutama Orang Tua, bagaimana cara menghormati Guru? Yukkkk…baca cara-caranya dibawah ini yah…

1. Saat sampai di sekolah, jangan lupa untuk mengucapkan salam ketika bertemu dengan Guru. Sepertinya sederhana, tapi ini penting, agar anak-anak terbiasa dan terbawa sampai kelak dewasa, agar dapat bisa menghargai siapapun natinya.

2. Berkatalah yang lemah lembut saat berbicara atau hendak menanyakan pelajaran yang belum kita pahami.

3. Berbicara dengan ramah saat sedang berbicara dengan guru.

4. Berprilaku dengan hormat dan sopan dimanapun dan kapanpun.

5. Menyimak dengan baik saat guru menerangkan pelajaran.

6. Tidak meledek guru.

7. Memperhatikan saat diajak bicara oleh guru saat di dalam kelas.

8. Menghargai guru dengan cara mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan.

9. Tidak mencontek pekerjaan rumah (PR) atau saat ujian. Karena dengan begitu, sebagai murid kita memperhatikan dan mengerti apa yang sudah diajarkan oleh guru saat di dalam kelas.

10. Membantu guru untuk membereskan mainan-mainan pada tempatnya. Perilaku ini menjadikan anak yang disiplin dan bertanggung jawab.

11. Melaksanakan perintah guru agar belajar dirumah.

12. Mengikuti nasehatnya (apabila nasehatnya itu baik).

13. Tidak berbica sendiri dengan teman atau sibuk main HP atau alat-alat permainan saat guru sedang menerangkan pelajaran di dalam kelas.

14. Tidak membuat bising atau gaduh di dalam kelas saat guru menjalankan tugas mengajar.

15. Bersikaplah rendah diri terhadap guru walaupun kita anak pejabat teras atau sebanyak apapun harta orang tua kita.

16. Selalu mengucapkan terimakasih dalam setiap bantuan yang diberikan oleh guru.

17. Menolong guru saat sedang membutuhkan pertolongan.

18. Mematuhi peraturan sekolah. Sebagai contoh,mereka perlu datang awal ke sekolah dan tidak terlibat dalam gengsterisme, dan lain-lain. Karena itu,jadilah pelajar yang berdisiplin.

19. Meminta ijin setiap saat akan keluar kelas saat sedang ingin ke kamar mandi ataupun yang lain (jika di dalam kelas sedang ada bertugas guru).

20. Menjenguk apabila guru saat sedang sakit.

21. Mendoakan akan kesejahteraan guru, agar beliau tetap dapat mengajar dengan baik dan sehat.

22. Menjaga hubungan atau silahturahmi dengan guru walaupun kita telah menjadi alumni dari sekolah.

Kesimpulannya, kita harus menghargai dan menghormati guru. Karena tanpa guru, kita tidak akan bisa membaca, menulis dan mengerti banyak hal yang ada di bumi ini. Semoga dapat bermanfaat yah teman-teman……






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment