≡ Menu

Cara Merawat Motor Injeksi

Anda punya motor injeksi? Atau anda tidak tahu cara merawat motor injeksi? Di zaman sekarang hampir semua produsen motor menggunakan sistem injeksi. Hal tersebut dikarenakan motor dengan sistem injeksi lebih irit bahan bakar dari pada motor dengan sistem karburator. Oleh karena itu motor dengan sistem injeksi lebih banyak diminati dan digunakan oleh para pengguna sepeda motor, mengingat harga bahan bakar yang relatif mahal saat ini.

Perawatan pada motor injeksi sedikit berbeda dengan perawatan motor dengan sistem karburator. Oleh karena itu, apabila tidak sering dirawat dan diperhatikan dapan memperperndek usia injektor pada motor anda dan membuat motor injeksi anda menjadi lebih boros bahan bakar.

Perhatikan cara-cara untuk merawat motor injeksi anda.

1. Perhatikan kondisi dan kebersihan selang saluran bahan bakar

Bagi anda pemilik motor injeksi memperhatikan kondisi dan kebersihan pada bagian selang saluran bahan bakar sangat penting, karena selang saluran bahan bakar berguna sebagai pengatur ketetpan sistem kerja bagi ECU (Electronic Control Unit) yang menjadi piranti dalam menentukan proses pembakaran pada mesin motor injeksi anda.

Oleh karena itu, apabila selang saluran bahan bakar anda dalam kondisi bocor atau kotor akan mengakibatkan kinerja motor injeksi anda menjadi tidak maksimal. Sebaiknya memeriksa kondisi dan kebersihan selang saluran bahan bakar setiap kali motor sudah menempuh jarak 2.000 kilometer.

2. Perhatikan kebersihan pompa bahan bakar

Selain memperhatikan kebersihan selang saluran bahan bakar, komponen lain pada motor injeksi yang harus dijaga kebersihannya adalah pompa bahan bakar. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada popa bahan bakar anda , apabila motor injeksi anda sudah menempuh jarak hingga 500 ribu kilometer atau kelipatannya.

Untuk memeriksa kendala pada pompa bahan bakar anda dapat dilakukan dengan cara menghidupkan motor injeksi anda pada ruangan yang tidak berisik dan anda dengarkan suara pad bagian tangki motornya untuk mendengar apakah ada suara berdenging atau tidak. Apabila ada suara berdenging pada tangki motor injeksi anda, itu tandanya filter fuel pump pada motor anda mengalami gangguan.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus membersihkan tangki bahan bakar atau mengurasnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Perhatikan ketepatan posisi klep injektor

Ketepatan posisi klep injektor pad motor anda memang sudah dipgram dan diatur dengan baik oleh pihak produsen. Namun akibat berbagai faktor, tak jarang klep injektor motor anda mengalami perubahan sehinggan injektor tidak bekerja secara tepat.

Sebaiknya posisi klep injektor motor anda, tidak terlalu renggang dan tidak terlalu rapat. Apabila posisi klep injketor terlalu renggang, maka asupan bahan bakar ke dalam injektor akan berlebih, sedangkan apabila klep injektor telalu sempit maka asupan bahan bakar yang masuk ke dalam injektor terlalu sedikit. Hal tersebut menyebabkan semprotan bahan bakar ke ruang pembakaran pada mesin tidak ideal dan menyebabkan bahan bakar motor anda menjadi lebih boros.

4. Periksa busi motor anda

Busi merupakan komponen yang sangat penting dalam motor anda, karena busi berfungsi sebagai pemantik api saat proses pembakaran di ruang bakar mesin anda berlangsung. Oleh karena itu kesempurnaan dalam proses pembakaran sangat ditentukan oleh busi, karena apabila proses pembakaran pada mesin tidak sempurna akan mengakibatkan tenaga motor anda akan lemah dan tak bertenaga.

Sebaiknya, anda rutin membersihkan busi dengan cara mengamplasnya menggunakan kain amplas. Selain itu, atur juga tingkat kerenggangan sumbu dan kutub busi.

5. Lakukan perawatan ECU dengan baik

ECU (Electronic Control Unit) merupakan pengatur seluruh kegiatan injektor, mulai dari mengatur takaran bahan bakar yang disemprotkan injektor, sampai mengatur buka buke tutupnya klep injektor. Oleh karena itu ECU harus dirawat dengan baik, karena apabila terjadi kerusakan pada ECU akan menyebabkan motor anda mogok atu tidak dapat berfungsi.

Dengan rajin membersihkan dan merawat bagian-bagian tersebut pada motor injeksi anda, maka diharapkan kinerja motor injeksi anda akan lebih maksimal serta membuat motor injeksi anda lebih tahan lama.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment