≡ Menu

Cara Berenang Gaya Katak

Anda seorang perenang pemula? Atau anda bingung cara berenang dengan menggunakan gaya katak? Gaya katak atau dikenal juga sebagai gaya dada merupakan gaya atau teknik renang yang sangat populer dan paling sering digunakan.

Berenang dengan gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan posisi batang tubuh selalu dalam posisi tetap, serta kedua kaki menendang air ke arah keluar dan posisi kedua tangan diluruskan di depan.

Untuk memehami cara berenang dengan gaya katak, ada beberapa poin penting yang wajib anda ketahui dan kuasai, seperti : posisi badan, gerakan tangan, gerakan kaki, teknik pengambilan nafas, dll. Berikut ini penjabarannya secara rinci.

Cara  Berenang Gaya Katak :

a. Latihan Posisi Badan Saat Berenang Gaya Katak

Pastikan posisi badan anda saat melakukan renang dengan gaya katak seperti berikut.

1. Posisi badan anda harus sejajar dan sedatar mungkin

2. Selanjutnya, posisi kepala anda normal dan pandangan anda lurus menghadap ke depan.
Untuk perenang pemula yang ingin berenang dengan gaya katak, dapat melakukan latihan dengan cara latihan meluncur tanpa menggunakan pelampung atau latihan terapung di atas kolam dengan posisi badan telungkup.

b. Latihan Tekhnik Gerakan Kaki Berenang Gaya Katak

Gerakan kaki merupakan faktor yang sangat penting sangat melakukan renang dengan gaya katak. Pastikan posisi permulaan kaki anda seperti berikut.

1. Posisi kedua kaki anda ditekuk, dengkul dibengkokkan ke dalam.

2. Kemudian, tendangkan dengan posisi kedua belah kaki anda terbuka lebar.

3. Kedua kaki anda masih dalam posisi lurus, kemudian tutup atau rapatkan hingga telapak kaki kiri dan kaki kanan sedikit bersentuhan. Hal tersebut untuk memberikan daya dorong terhadap badan anda saat berenang.

4. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan urutan kaki ditekuk, menendang, dirapatkan, ditekuk, menendang, dan dirapatkan. Lakukan terus tekhnik gerakan kaki tersebut.

c. Latihan Tekhnik Gerakan Tangan Berenang Gaya Katak

Gerakan tangan saat melakukan renang dengan gaya katak juga harus anda perhatikan. Pastikan gerakan tangan anda seperti di bawah ini.

1. Telapak tangan kanan dan telapak tangan kiri anda tempelkan dan posisi tangan anda lurus di atas kepala anda.

2. Setelah itu, tarik tangan anda ke samping kiri dan kanan. Tarikan tangan selebar bahu anda saja, tidak perlu terlalu menyamping. Seterusnya tarik tangan ke bawah.

3. Kemudian, luruskan kembali tangan anda.

4. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan urutan tangan dirluruskan, tarik ke samping kiri dan kanan. Lakukan terus tekhnik gerakan tangan tersebut.

d. Latihan Tekhnik Pengambilan Nafas Berenang Gaya Katak

Setelah anda mengetahui tekhnik gerakan kaki dan tangan, tekhnik terakhir yang harus anda perhatikan dan kuasai adalah tekhnik pengambilan nafas saat berenang menggunakan gaya katak. Tekhnik pengambilan nafas yang salah saat berenang dapat berakibat fatal bagi keselamtan anda. oleh karena itu, perhatikan latihan teknih pengambilan nafas berenang dengan gaya katak di bawah ini.

1. Pernafasan dilakukan saat gerakan tangan anda ke samping kiri dan kanan

2. Kemudian, dongakkan kepala anda dan dihadapkan ke depan, sehingga mulut anda berada di atas permukaan air dan dapat mengambil udara untuk bernafas.

3. Pengambilan nafas dilakukan dengan mulut. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari masuknya air ke dalam hidung anda, serta mempersingkat waktu saat pengambilan nafas.

Bagi anda, para perenang pemula sekarang sudah dapat mempraktekkan gerakan-gerakkan tersebut di kolam renang. Namun, sebaiknya anda melakukan latihan di pinggir kolam terlebih dahulu. Jika sudah mahir, baru anda dapat berenang hingga ke bagian tengah kolam renang.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment