≡ Menu

Cara Membuat Sirup Gula

Cara Membuat Sirup Gula

Cara Membuat Sirup Gula

 

Anda tidak perlu membeli sirup di toko kelontong apabila anda bisa membuatnya sendiri. Berikut ini anda akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara membuat sirup gula yang lezat dan nikmat. Membuat sirup gula bukanlah sesuatu yang segampang yang anda bayangkan. Apabila pengolahan yang anda lakukan salah maka hal ini akan memberikan masalah pada anda. Ditambah lagi, banyak sekali orang yang salah dalam membuat sirup gula ini sehingga akibatnya mereka malah membuat sirup yang pahit rasanya.

Langkah membuat sirup ini adalah menggunakan metode karamelisasi dalam bahan gula yang disediakan. Anda bisa menerapkan dua macam cara yaitu karamelisasi basah dan karamelisasi kering. Karamelisasi cair ini banyak digunakan untuk mereka yang ingin membuat topping pancakenya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

Persiapan Bahan:

Siapkan bahan berupa Gula Pasir, Lemon dan Air secukupnya

Langkah Pembuatan:

Pertama, langkah pembuatan bisa anda mulai dengan memasukan gula yang telah anda sediakan sebelumnya kedalam sebuah panci, tambahkan air. Setelah itu, anda bisa mulai memanaskan kompor yang berisikan air gula tersebut dengan panas api yang sedang.

Kedua, aduklah air gula tersebut dengan konsisten. Lakukan gerakan ini secara beruang diikuti dengan gerakan menggosok-gosok. Dengan melakukan cara yang satu ini maka gula dan air ini akan bisa menyatu dengan baik.

Ketiga, usai mencapai titik suhu 160 derajat celcius, gula akan langsung mencair dengan sendirinya. Saat inilah sirup gula akan berubah wujudnya. Wujud dari sirup gula ini akan berubah warna menjadi putih bening.

Keempat, cara selanjutnya usai gula tersebut mencair adalah dengan memasukan satu sendok the jus lemon kedalamnya. Apa fungsi dari lemon ini? Fungsi dari lemon tersebut adalah mencegah gula tersebut mengkristal wujudnya.

Kelima, panaskanlah sirup gula tersebut sekali lagi dan kemudian biarkan sampai mengental. Jika sudah mengental maka silahkan untuk stop mengaduknya.

Keenam, anda bisa mengeset kompor dalam api yang kecil. Lakukan ini dalam waktu 5 – 8 menit. Lakukan ini dan biarkan sampai gula menjadi matang.

Ketujuh, perhatikan warna sirup gula yang telah anda sediakan tadi. Jika warnanya sudah berubah menjadi kecoklatan maka anda bisa mulai mematikan kompor tersebut. Setelah itu, segeralah untuk menuangkannya kedalam wadah.

Akhirnya selesai juga pembuatan sirup gula ini. Sebaiknya anda segera menggunakan sirup gula ini karena teksturnya yang kental ini sifatnya akan sangat cepat mengering apabila tidak segera digunakan. Anda bisa menerapkan cara yang satu ini mulai dari sekarang dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa anda pilih untuk ditambahi topping tersebut. Topping pancake bisa anda tambahai dengan topping tersebut. Anda juga bisa menggunakannya untuk Es Krim.

Fungsi dari sirup gula ini adalah membuat anda mendapatkan rasa makanan yang manis dan lezat. Banyak orang yang menerapkan sirup manis untuk makanan lainnya. Oleh karena itu, anda bisa mencoba untuk memilih pilihan makanan yang terbaik untuk ditambahi dengan sirup gula ini. Anda juga bisa menambahkannya kedalam jus yang anda inginkan. Jus yang bisa anda tambahai dengan sirup gula ini adalah jus alpukat, jus jeruk, jus melon, dan jus buah naga. Ini akan membuat rasa dari minuman yang anda buat menjadi lebih nikmat dan lezat lagi.

Kesimpulannya, mudah bukan membuat sirup gula ini?






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment