≡ Menu

Cara Membuat Kimchi Korea Halal

Anda pernah dengar kata kimchi? Atau anda memang penggemar kimchi?

Jika anda suka menonton film atau drama seri Korea, pastilah sudah tidak asing dengan nama kimchi karena kimchi merupakan makanan yang berasal dari negara Korea.

Cara Membuat Kimchi Korea Halal

Cara Membuat Kimchi Korea Halal

Di Indonesia juga sudah banyak menjamur restoran-restoran Korea yang pasti menyediakan menu makanan berupa kimchi. Jadi anda dapat dengan mudah untuk menikmati kimchi. Rasanya yang enak dan pedas membuat kimchi digemari, selain itu kimchi juga terbuat dari sayur-sayuran yang membuat makanan ini menjadi menu makanan yang sehat.

Tahukah anda? sekarang anda dapat membuat kimchi yang halal di rumah dengan bahan-bahan yang mudah anda dapatkan di pasar. Berikut ini cara membuat kimchi Korea yang halal. Namun, sebelum membuat kimchi korea, ada beberapa langkah yang harus anda tempuh terlebih dahulu yaitu menyiapkan bahan-bahannya dan membuat saus pasta terlebih dahulu.

• Bahan Membuat Kimchi

1. 1 buah sawi putih

2. 1buah lobak diiris tipis menyerupai bentuk korek api

3. 4 buah wortel diiris tipis menyerupai bentuk korek api

4. 3 batang daun bawang diiris tipis menyerupai bentuk korek api

5. 250 gram garam

• Bahan Membuat Saus Pasta

1. 70 gram tepung beras

2. 350 gram cabai bubuk

3. 800 ml air matang

4. 200 ml kecap

5. 120 gram gula pasir

6. 2 buah bawang putih yang sudah diiris tipis

7. 1 buah bawang bombay yang sudah diiris tipis

8. 1 buah jahe yang sudah diparut atau dicincang

Setelah semua bahan untuk membuat kimchi dan saus pasta telah siap. Barulah anda memulai untuk membuat saus pastanya terlebih dahulu.

• Cara Membuat Saus Pasta untuk Kimchi

1. Masukkan 70 gram tepung beras ke dalam panci yang sudah terisi 800 ml air.

2. Kemudian, aduk campuran air dan tepung beras tersebut hingga tercampur dan mengental. Jika sudah mengental matika kompor anda

3. Setelah itu masukkan 120 geam gula pasir dan aduk hingga merata

4. Kemudian, diamkan dan tunggu hingga saus pasta dingin

5. Setelah dingin, tuangkan saus pasta ke dalam wadah atau baskom

6. Masukkan cabai bubuk, bawang bombay, jahe, bawang putih, dan kecap ke dalam baskom, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata.

7. Setelah itu, masukkan irisan wortel, lobak, dan daun bawang , kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata.

Saus pasta pun sudah berhasil dibuat. Setelah saus pasta kimchi jadi, barulah anda membuat kimchinya.

• Cara Membuat Kimchi

1. Cuci sawi sampai bersih menggunakan air yang mengalir. Kalau perlu gunakan larutan pembersih sayur dan buah aggar tejamin kebersihannya.

2. Setelah dicuci, oleskan atau lumuri seluruh helai sawi dengan garam hingga bagian batangnya. Pastikan tiap helai daun sawi terlumuri oleh garam.

3. Setelah itu, masukkan sawi tersebut ke dalam wadah atau baskom.

4. Kemudian diamkan sawi tersebut kurang lebih selam 4 jam atau sampai sawi menjadi layu dan memiliki banyak genangan air.

5. Setelah itu, cuci kembali sawi yang sudah layu tersebut hingga bersih dari garam. Untuk hasil yang maksimal lakukan pencucian hingga 3 kali agar garam pada sawi benar-benar hilang.

6. Kemudian, tiriskan sawi tersebut dan masukkan ke dalam baskom

7. Setelah itu, lumuri sawi dengan saus pasta hingga merata. Gunakan sarung tangan plastik untuk menjaga kebersihan dan menghindari iritasi kulit..

8. Setelah selesai dilumuri, masukkan sawi tersebut ke dalam toples dan tutup rapat untuk proses fermentasi. Isi toples tersebut jangan sampai penuh, karena pada saat proses perfentasi akan menghasilkan banyak air.

9. Kemudian, letakkan toples tersebut di dalam suhu ruangan dan diamkan sawi tersebut selam kurang lebih 2 hari atau sampai toples mengembun.

10. Setelah fermentasi selesai, kimchi pun siap untuk dihidangkan.

Untuk warna kimchi yang lebih merah, anda dapat menggunakan cabai bubuk korea. Namun hasilnya tidak akan sepedas cabai bubuk lokal. Selain itu, jika anda ingin menaruh kimchi di dalam lemari es. Pastikan dulu proses fermentasi kimchi selesai, baru kimchi dapat anda simpan di lemari es.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment