≡ Menu

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Beras kencur merupakan salah satu minuman yang sangat menyehatkan. Dengan mengetahui cara membuat jamu beras kencur yang tepat, anda pun akan bisa menyajikan minuman yang menyehatkan ini kepada keluarga anda. Jamu beras kencur merupakan pilihan minuman yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat beras kencur antara lain adalah sebagai berikut:

Mengatasi Pegal-Pegal

Manfaat yang sangat istimewa dari beras kencur adalah menghilangkan masalah pegal-pegal yang ada pada tubuh anda. Dengan mengatasi masalah pegal-pegal tersebut dengan baik, anda pun akan mampu untuk membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Masalah pegal-pegal memang merupakan masalah yang bisa menyerang siapa saja, terutama mereka yang bekerja seharian penuh setiap harinya.

Menghilangkan Masuk Angin

Masalah masuk angin juga akan bisa disembuhkan dengan mudah ketika anda menggunakan jamu beras kencur ini. Dengan mengkonsumsi beras kencur secara teratur maka sudah pasti masalah kesehatan yang anda miliki akan bisa menghilang dengan segera. Jika anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari masalah maka inilah cara terbaik yang bisa anda lakukan.

Mengatasi Gatal-Gatal pada Kulit

Beras kencur juga merupakan produk yang terbaik untuk mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit anda. Semua orang bisa mengalami masalah yang satu ini tanpa terkecuali. Apabila anda ingin menghilangkan masalah gatal-gatal tersebut dengan segera, inilah langkah yang bisa anda terapkan.

Berikut adalah cara membuat jamu beras kencur yang bisa anda praktekan:

1. Siapkanlah bahan-bahan terlebih dahulu sebelum membuat jamu beras kencur ini. Bahan utamanya adalah beras yang putih bersih dan tidak beraroma.

2. Siapkan bahan selanjutnya berupa tumbuhan akar rimpang kencur dengan ukuran yang panjangnya sebesar 6 jari orang dewasa.

3. Persiapan rimpang kunyit yang ukurannya sedang dan kecil sepanjang 2 jari orang dewasa. Yang wajib untuk anda perhatikan adalah mencucinya dengan bersih sebelum anda menggunakannya.

4. Bahan lain yang harus anda sediakan adalah asam jawa. Siapkanlah bahan ini kurang lebih dengan jumlah 2 sendok makan.

5. Sediakan gula jawa dengan jumlah 240 gram banyaknya.

6. Jahe lokal sebesar 2 jari orang dewasa. Pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelumnya.

7. Daun pandan segar untuk membuat rasanya menjadi lebih enak juga bisa anda persiapkan.

8. Buah jeruk nipis dengan jumlah sebanyak 2 buah bisa anda sediakan. Belahlah buat tersebut menjadi dua bagian.

9. Garam dapur dan juga air matang yang bersih.

10. Sediakan gula pasir dengan jumlah yang secukupnya.

Proses Pembuatan Jamu Beras Kencur

1. Langkah awalnya adalah dengan merendam 200 gram beras yang telah anda sediakan kedalam air bersih selama 3 jam lamanya.

2. Sediakan panci untuk persiapan merebus. Masukanlah sebanyak 6 gelas air bersih kedalamnya dan jangan lupa menghidupkan kompor dengan suhu api yang sedang sebelumnya.

3. Masukan jahe, daun pandan, kunyit, kencur, dan asam jawa kedalamnya. Masukan juga gula jawa dan aduk semua bahan hingga tercampur sempurna.

4. Aduk semua bahan ini dan tunggu sampai mendidih. Saring air rendaman tersebut untuk membuang ampasnya.

5. Ambil ampas tersebut dan tumbuk halus bersama kencur dan beras yang telah anda rendam. Letakan semua tumbukan tersebut diatas saringan dan siram dengan air rebusan rendaman pertama supaya rasa dan aroma kencurnya terasa.

6. Masukanlah air jeruk nipis keatasnya. Tambahkan garam sedikit saja jika diperlukan.

7. Cicipi dahulu sebelum anda hidangkan. Apabila kurang manis silahkan menambahkan gula pasir secukupnya.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment