≡ Menu

Cara Mengatasi Susah Kentut / Buang Angin

Perut terasa kurang enak dan aktifitas akan jadi terganggu kalau sampai kita susah kentut / buang angin. Jadi bersyukurlah kita semua, karena masih bisa buang angin dengan gratis meski berbunyi dan berbau.

Kebanyakan orang indonesia menganggap buang angin adalah hal yang tidak sopan, berbeda dengan orang luar yang menganggap justru bersendawalah yang tidak sopan. Sebenarnya buang angin sesuatu yang biasa saja, asal tidak disertai bunyi ataupun bau yang kurang sedap.

Kalau kita sedang dalam suasana rapat yang tenang atau sedang asyik makan lalu ada bunyi “tuuuutt” panjang disertai dengan bau yang kurang sedap. Jelas itu bisa dipandang sesuatu yang kurang sopan menurut etika. Serta menghilangkan selera makan kita secara seketika.

Tapi meskipun buang angin adalah sesuatu yang tabu dilakukan didepan umum. Dan bisa mempermalukan diri kita sendiri kalau sampai secara tidak sengaja terlepas ( baca: buang angin). Kita pasti tidak mau juga, kalau sampai kesulitan untuk buang angin. Berjuta-juta biaya akan dengan suka rela kita buang hanya sekedar untuk membuat kita bisa buang angin dengan normal kembali.

Cara Mengatasi Susah Kentut atau Buang Angin

Masalah kesulitan buang angin, biasanya disebabkan karena pola makan kita yang kurang bagus. Keseringan menunda-nunda makan. Selain juga membuat kita terkena maag, bisa juga membuat kita terkena masalah ini, karena gas akan tercipta dari melambatnya proses pencernaan. Untuk yang sudah terlanjur mengalami kesusahan buang angin. Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Mengoleskan Minyak Kayu Purih atau Balsem.

Gunakan minyak kayu putih, atau balsem jika lebih senang menggunakan balsem. Ambil secukupnya dan oleskan diperut, oleskan merata dan oles lebih banyak ditempat yang terasa kurang enak. Sampai perut terasa hangat lalu berbaringlah sejenak. Usahakan bersendawa sebanyak mungkin sambil berusaha buang angin dari tempat ilmiahnya ( baca: dubur ).

2. Meminum Air Ketumbar.

Kalau menggunakan minyak kayu putih atau balsem tidak mempan, cobalah gunakan ketumbar. Cara ini belum pernah saya coba tapi menurut referensi yang saya baca. Ketumbar, lumayan manjur untuk mengatasi masalah buang angin anda. Ambil sejumput ketumbar, tumbuk lalu rebus dan minum airnya.

3. Meminum Temu Ireng (Habattasauda).

Temu Ireng atau jinten di bahasa arab sering disebut habattasauda ini bisa juga anda gunakan, jika ketumbar masih belum bisa membantu anda melancarkan masalah buang angin. Cobalah buat teh panas dan tambahkan 1 sendok teh jinten, lalu minum.

4. Tidur Tengkurap di atas Dipam.

Masih juga susah buang angin, ada cara tradisional yang dulu sering dilakukan oleh orang-orang tua dijawa. Yaitu dengan tidur tengkurap diatas dipan ( dipan bambu biasanya ) dari bagian bawah dipan diasapi menggunakan daun kelapa kering yang dibakar. Rasa hangat diperut membuat buang angin menjadi lancar kembali.

5. Konsultasi ke Dokter.

Kalau berbagai cara yang disebutkan diatas masih belum bisa juga mengatasi masalah buang angin anda. Ada dua pilihan antara mempercayai obat obat herbal yang banyak ditemukan di internet ( pastikan membaca link referensi dan mencari review dari orang lain, mengingat banyak sekali obat-obat palsu yang beredar ) atau putuskan untuk mendatangi dokter spesialis. Karena buang angin erat kaitannya dengan proses penumpukan angin didalam tubuh yang akan menjadi masalah yang lumayan serius kalau dibiarkan terlalu lama.

Semoga tips-tips tersebut, bermanfaat untuk mengatasi masalah kesulitan buang angin yang anda alami.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment