≡ Menu

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Anda suka minum jamu kunyit asam? Atau anda belum tahu cara membuat jamu kunyit asam? Khasiat jamu memang sudah tidak diragukan lagi. Dari dulu hingga sekarang banyak orang yang suka meminum jamu sebagai minuman penambah stamina dan memperkuat daya tahan tubuh. Ada berbagai macam jenis jamu tradisional di Indonesia dan memiliki khasiat yang beragam pula bagi kesehatan anda.

Salah satu jenis jamu tradisonal Indonesia yang terkenal dan banyak diminati adalah jamu kunyit asam. Ada beberapa khasiat yang dapat anda peroleh dari meminum jamu kunyit asam.

Khasiat Jamu Kunyit Asam, yaitu :

1. Dapat menekan nafsu makan

Meminum jamu kunyit asam dapat berguna untuk menjaga berat badan anda. Hal tersebut dikarenakan jamu kunyit asam dapat menekan nafsu makan anda, sehingga anda tidak berkeinginan untuk makan secara berlebihan. Jadi bagi anda yang ingin mengontol atau menurunkan berat badan, jamu kunyit asam dapat dijadikan sebagai minuman favorit anda.

2. Dapat menyembuhkan infeksi pada tenggorokan

Selain dapat menekan nafsu makan, kunyit asam juga berguna untuk menyembuhkan infeksi pada tenggorokan anda. hal tersebut dikarenakan kunyit memilki anti bakterial yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi dan kunyit juga mampu membersihkan saluran tenggorokan anda.

3. Dapat mencerahkan kulit

Jamu kunyit asam juga dapat berkhasiat untuk mencerahkan kulit anda. hal tersebut dikarenakan kunyit mampu untuk menghilangkan racun atau toxin di dalam tubuh anda, sehingga berdampak positif bagi kesehatan kulit anda.

Namun, Di zaman sekarang sudah sulit ditemui kios-kios penjual jamu dan penjual jamu keliling di sekitar rumah anda. Hal tersebut membuat anda sulit untuk menikmati dan mendapatkan khasiat dari minuman herbal tersebut.

Tapi, sekarang anda tidak perlu khawatir karena anda dapat membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah anda. bahan-bahan yang digunakan pun mudah anda dapatkan di pasar-pasar tradisional.

Bahan-bahan pembuat jamu kunyit asam, yaitu :

1. 1 kg Kunyit yang sudah tua, anda kupas lalu dicuci hingga bersih.
2. ¼ kg asam tawak yang sudah dibuang bijinya.
3. ½ kg gula aren atau gula jawa
4. ¼ sendok teh garam dapur
5. Air matang secukupnya

Setelah semua bahan di atas sudah siap, barulah anda dapat memperhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk membuat jamu kunyit asam.

Langkah-langkah membuat Jamu Kunyit Asam

1. Langkah pertama, yaitu kunyit yang sudah anda kupas ditumbuk hingga benar-benar halus dan lembut.

2. Setelah itu, tuangkan air matang pada tumbukan kunyit tersebut kurang lebih 17 gelas dan aduk hingga rata.

3. Kemudian, anda peras dan saring kunyit tersebut menggunakan alat penyaring hingga ampasnya terpisah.

4. Setelah itu, anda larutkan gula aren atau gula jawa tersebut dan asam kawak menggunakan air matang, kemudian aduk-aduk hingga rata.

5. Kemudian, tambahkan campuran asam dan gula aren tersebut pada perasan kunyit dan aduk hingga rata.

6. Setelah itu, semua bahan yang telah dicampur tadi anda saring ulang

7. Jamu kunyit asam buatan anda pun sudah siap untuk dinikmati..

Setelah anda membuat jamu kunyit asam sendiri, anda juga harus memperhatikan aturan penyajian jamu kunyit asam.

Berikut ini aturan minum Jamu Kunyit Asam

1. Untuk wanita dewasa yang sedang haid atau menstruasi, sebaiknya meminum jamu kunyit asam tersebut satu gelas sehari dan maksimal meminum jamu kunyit asam hanya dalam satu minggu saja.

2. Untuk semua orang yang ingin menjaga kesehatan, sebaiknya meminum jamu kunyit asam seminggu sekali saja.

Sebaiknya anda meminum jamu kunyit asam secara benar sesuai dengan aturan minumnya agar anda dapat merasakan khasiatnya secara baik bukan justru menjadi masalah bagi kesehatan anda.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment