≡ Menu

Cara Membasmi Jentik Nyamuk

Cara Membasmi Jentik Nyamuk

Cara Membasmi Jentik Nyamuk

Wabah demam berdarah yang meresahkan sepertinya masih kita temukan saat ini, terutama ketika ada faktor perubahan cuaca yang ekstrim dan juga karena faktor lingkungan yang kurang bersih.

Genangan air merupakan sumber tempat tinggal utama dan tempat berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti yang merupakan inang atau pembawa virus dengue hemorraghic fever atau lebih dikenal dengan demam berdarah.

Walaupun siklus perkembangbiakan nyamuk ini sangat singkat, namun siapa sangka jika sekali bertelur nyamuk betina bisa mengeluarkan 100-160 butir telur sekaligus, hebat kan, dan hanya membutuhkan waktu dua hari untuk menetas menjadi jentik-jentik. Dan selanjutnya akan berubah menjadi kepompong dan akhirnya menjadi nyamuk.

Siklus kehidupan mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa membutuhkan waktu sepuluh hari. Dan nyamuk dewasa inilah yang kemudian terbang dan membawa virus demam berdarah yang mematikan.

Untuk memutus wabah demam berdarah, maka langkah yang paling tepat adalah dengan memutus siklus perkembangbiakan nyamuk aedes aegypty itu sendiri yaitu dengan cara membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada di sekitar kita, mulai dari genangan air akibat air hujan maupun air yang ada dalam bak mandi kita.

Karena nyamuk ini sangat membutuhkan air untuk melatakkan telurnya dan untuk media hidup jentik-jentik nyamuk sebelum dewasa.

Salah satu cara yang sudah sangat familiar di telinga kita adalah istilah 3M yaitu membersihkan lingkungan, menguras bak mandi dan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menimbulkan genangan air ketika hujan. Selain juga upaya fogging atau pengasapan untuk membasmi nyamuk dewasa yang terbang di sekitar kita.

Cara membasmi jentik nyamuk

1. Menguras bak mandi secara rutin.

Kuraslah bak mandi anda secara rutin minimal dua kali seminggu, karena hal ini sangat efektif membasmi jentik nyamuk. Jangan lupa untuk selalu nenyikat permukaan dinding bak mandi anda sampai bersih, karena kemungkinan telur-telur nyamuk aedes aegypti menempel pada permukaan dinding bak mandi anda.

2. Memelihara ikan cupang

Anda bisa memilh alternatif ini jika keberatan untuk menguras bak mandi dua kali seminggu. Untuk menghindari bau amis, anda bisa memilih satu saja ikan cupang yang kecil, karena ikan ini sangat menyukai jentik nyamuk sebagai santapan favoritnya.

3. Daun sirih

Seperti yang kita ketahui, daun sirih sangat kaya akan senyawa antiseptik. Anda bisa mencampurkan air rebusan daun sirih ke dalam air bak mandi anda sehingga bisa membasmi jentik-jentik nyamuk secara massal.

4. Daun jeruk nipis

Anda bisa meremas-remas daun jeruk nipis seihingga mengeluarkan aroma jeruk nipis yang sangat tidak disukai oleh nyamuk ini, anda bisa menaburkan remasan daun jeruk nipis ke dalam air bak mandi. Dijamin nyamuk yang tadinya akan bertelur dalam bak mandi anda akan mengurungkan niatnya dan mencari tempat lain karena tidak menyukai aroma daun jeruk nipis.

5. Biji pepaya dan tawas

Mungkin cara yang terakhir ini sedikit lebih rumit, karena anda harus mengeringkan biji pepaya dan menghaluskannya. Kemudian mencampurkannya dengan tawas yang sudah dihaluskan, dengan perbandingan 1:2 untuk tawas dan biji pepaya. Serbuk pepaya dan tawas dimasukkan ke dalam kain kassa dan direndam di dalam bak mandi, niscaya jentik-jentik nyamuk pun akan mati seketika.

Silakan anda memilih cara yang paling efektif dan efisien menurut anda, demi menjaga keluaraga yang anda sayangi dari nyamuk aedes aegypti. Selamat mencoba.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment