≡ Menu

Cara Membaca Hasil Usg Kehamilan

Anda ibu hamil? Atau anda seorang ibu hamil yang bingung membaca USG kehamilan? Hasil USG memang terkadang membuat anda penasaran karena hal tersebut menentukan perkembangan janin anda di dalam rahim

Hasil print out USG yang berisi istilah-istilah kedokteran yang belum anda pahami di dalamnya sehingga membuat anda menjadi bingung untuk membacanya. Walau terkadang dokter kehamilan anda menerangkan tentang hasil USG tersebut, namun keterangan tersebut sering terlupakan. Hal tersebut membuat anda bingung untuk menceritakan ulang kepada suami atau keluarga anda tentang hasil USG tersebut. Untuk membaca hasil USG kehamilan anda, perhatikan istilah-istilah kedoteran berikut ini yang sering terdapat pada foto hasil USG anda.

Istilah yang sering terdapat dalam hasil USG :

1. EDD yang berarti Early Due Date atau awal tanggal jatuh tempo kehamilan anda.

2. LMP yang berarti Last Menstruation Period atau menstruasi periode sebelumnya.

3. GA yang berarti Gestational Age atau menunjukkan usia kehamilan anda, dapat dilihat berdasarkan panjang tungkai tangan dan kaki, besar lingkar kepala. Jadi jika berdasarkan foto USG anda diketahui ada GA yang besarannya tidak normal, maka biasanya dokter kandungan anda akan bisa langsung mendeteksi hal tersebut sebgai kelainan pada janin anda, misalnya GA di bagian kepala yang memiliki diameter tidak normal.

4. GS yang berarti Gestational Sac atau ukuran kantung kehamilan anda. hal tersebut dapat dilihat berdasarkan bulatan-bulatan hitam yang terdapat pada foto hasil USG. GS biasanya muncul pada foto hasil USG trisemester awal kandungan anda.

5. CRL yang berarti Crown Rump Length atau ukuran jarak dari ujung kepala janin hiingga ke bagian bawah atau ekor janin. CRL juga biasanya terdapat pada foto hasil USG trisemester awal kandungan anda.

6. BPD yang berarti Bipariel Diameter atau ukuran tulang pelipis kanan dan tulang pelipis kiri janin dalam kandungan anda. BPD biasanya terdapat pada foto hasil USG trisemester dua atau tiga.

7. FL yang berarti Femur Length atau ukuran panjang tulang paha janin di dalam kandungan anda.

8. HC yang berarti Head Circumferencial atau ukuran lingkar kepala janin dalam kandungan anda.

9. AC yang berarti Abdiomal Circumferencial atau ukuran lingkar perut bayi. Untuk menghasilkan perkiraan berat bayi pada masa tersebut, dapat anda kombinasikan dengan BPD.

10. F-HR yang berarti Fetal Heart Rate atau frekuensi jantung bayi anda di dalam kandungan.

11. FW yang berarti Fetal Weight atau berat keseluruhan janin dalam kandungan anda.

Selain, mengetahui istilah-istilah yang terdapat di dalam foto hasil USG kehamilan anda. Anda juga harus memahami dan mengetahui manfaat yang anda dpatkan dari memeriksa kehamilan menggunakan USG.

Manfaat USG, yaitu :

1. Konfirmasi kehamilan

Dengan USG, anda dapat melihat embrio pada kantung kehamilanpada awal kehamilan 5 ½ minggu dan anda juga dapat mengetahui detak jantuk janin anda yang bisanya dapat diketahui pada usia tujuh minggu.

2. Mengetahui usia kehamilan

Dengan USG, anda dapat mengetahui usia kehamilan anda, sehingga anda dapat mempersiapkan diri untuk proses persalinan bayi anda.

3. Masalah dengan plasenta.

Dengan USG, anda dapat mendeteksi dan mengetahui kondisi plasenta anda baik-baik saja atau mengalami maslah.

4. Kelainan Janin dan Kehamilan Kembar

Dengan USG, anda dapat mengetahui apakah terdapat kelainan pada perkembangan janin anda atau terjadi kehamilan kembar sehingga membuat anda lebih memperhatikan nutrisi untuk kehamilan anda.

Sekarang, anda tidak perlu ragu untuk memeriksa kehamilan dengan menggunakan USG dan anda juga tidak bingung lagi dalam membaca hasil USG anda, karena istilah-istilah di dalam foto hasil USG anda sudah anda pahami sehingga anda dapat menjelaskan secara rinci perkembangan janin di dalam kandungan anda kepada suami dan keluarga tercinta.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment