≡ Menu

4 Cara menghilangkan Suara Serak

4 Cara menghilangkan Suara Serak

4 Cara menghilangkan Suara Serak

Suara serak biasanya diakibatkan oleh iritasi dan terlukanya pita suara. Seperti kita ketahui bahwa pangkal tenggorokan merupakan bagian dari alat pernapasan yang di dalamnya terdapat pita suara yang akan menghasilkan suara. Pita suara tersebut terletak di antara hulu kerongkongan dan batang tenggorokan. Pangkal tenggorokan juga disebut sebagai kotak suara dengan panjang 2 inci dan organ yang berbentuk pipa tersebut berada di dalam leher.

Kita sering menggunakan pangkal tenggorokan untuk bernapas, berbicara dan bahkan untuk menelan.
Suara serak juga bisa disebabkan oleh beberapa aspek atau kondisi. Yang paling sering terjadi, hal ini disebabkan oleh radang pita suara yang ditimbulkan oleh infeksi virus. Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan suara serak.

Selain itu, hal ini terjadi karena suara kita digunakan dengan kapasitas yang berlebihan seperti berteriak atau bernyanyi dengan berlebihan. Faktor lain yang akan menyebabkan suara kita serak adalah menghirup asap roko, kanker yang menyebar ke pangkal tenggorokan dan masih banyak lagi faktor lain yang bisa menyebabkan suara kita serak.

Berikut ini adalah cara menghilangkan suara serak :

1. Menggunakan bahan-bahan herbal

Pengobatan dengan bahan-bahan herbal sering dilakukan oleh orang tua kita terdahulu, mereka memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengobati segala macam penyakit termasuk mengobati suara serak. Biasanya orang tua kita menggunakan resep dari jeruk nipis yang dicampur dengan kecap asin. Air jeruk nipis di simpan di sedok dan ditambahkan beberapa tetesan kecap asin. Resep tersebut bisa di makan tiga kali dalam sehari. Selain itu, kita juga bisa menggunakan resep bunga belimbing wuluh. Ternyata bunga belimbing wuluh dapat menyembuhkan serak dan batuk dengan dibuat menjadi sebuah sirup yang ditambahkan sedikit gula. Resep ini bisa dimakan setiap pagi dan sore.

2. Membiasakan minum air putih setelah bangun tidur minimal satu gelas.

Pembiasaan ini sangat bagus untuk dilakukan setiap hari selain bisa menyembuhkan suara serak juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena bisa memberantas bakteri atau kuman yang ada di dalam tubuh kita dan akan terbuang dengan mengeluarkan air seni.

3. Menjalankan pola makan dan minum yang sehat.

Pola makan yang tidak sehat akan memperburuk serak nya suara kita. Apalagi ketika keadaan tenggorokan kita sedang sakit kita tetap memakan makanan yang pedas dan tidak sehat akan memperburuk kondisi suaran kita yang serak. Karena makanan yang berminyak dan pedas membuat tenggorokan kita panas dan akan memperburuk keadaan tenggorokan kita. Kita harus membiasakan memakan makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut banyak mengandung vitamin C yang akan menyembukan tenggorokan kita sehingga suara kita tidak akan serak kembali. Begitu juga dengan minuman, daripada meminum minumam yang mengandung zat pewarna dan pemanis buatan, lebih baik kita meminum jus buah yang kita buat sendiri sehingga terjaga kebersihan dan kesehatannya.

4. Berkumurlah dengan air garam.

Berkumur dengan air garam akan membuat tenggorokan lembab dan akan mempercepat proses penyembuhan. Lakukan hal ini sehari tiga kali. Air garam ini akan membunuh bakteri yang membuat tenggorokan kita terinfeksi.
Bisa bersuara dengan lancar merupakan anugrah yang diberikan oleh Tuhan. Sehingga kita harus mensyukurinya dengan merawat dan menjaga kesehatannya. ketika kondisi tubuh kita lemah banyak virus dan bakteri yang akan menyerang tubuh kita salah satunya tenggorokan kita, yang akan menyebabkan suara kita serak. Untuk mengatasi kondisi tersebut kita bisa mengaplikasikan 4 cara yang disebutkan diatas.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment