≡ Menu

Cara Merawat Kucing Kampung

Anda ingin memelihara kucing kampung? Namun anda bingung bagaimana car merawat kucing kampung yang baik dan benar? Kucing memang merupakan salah stu jenis hewan yang dapat dijadikan binatang peliharaan. Wajah kucing yang lucu dan menggemaskan, terkadang dapat membuat siapapun ingin memeliharanya, tidak terkecuali juga dengan kucing kampung.

Sebenarnya, memelihara atau merawat kucing kampung lebih hemat dan lebih mudah dibanding dengan merawat kucing jenis anggora dan persia. Kucing kampung cenderung lebih mudah diberi makan dan diajak bermain.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk merawat kucing kampung, seperti makanan, minuman, dan cara memandikannya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasannya di bawah ini.

Hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kucing kampung :

a. Makanan untuk Kucing Kampung

Untuk memberi makan kucing kampung, anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli makanan khusus kucing di pet shop. Kucing kampung juga tidak baik diberi makanan-makanan tersebut karena makanan tersebut biasanya mengandung pengawet dan pewarna.

Anda cukup memberikan ikan rebus untuk makanan kucing kampung anda, karena ikan rebus kaya akan protein yang dapat membuat kucing kampung anda dapat berkembang dengan baik. Jangan dibiasakan memberi makan kucing kampung anda dengan nasi karena nasi mengandung banyak gula yang dapat membuat kucing kampung anda terserang obesitas dan diabetes. Protein yang tinggi lebih dibutuhkan untuk tumbuh kembang kucing kampung anda.

b. Minuman untuk Kucing Kampung

Minuman untuk kucing kampung juga tergolong murah dan menyehatkan, yaitu cukup dengan air putih saja. Namun, anda juga harus memperhatikan kebersihan air putih tersebut dengan rajin mengganti air minum kucing minimal satu hari sekali.

Sebaiknya anda menghindari pemberian susu sapi untuk kucing kampung anda, karena protein dalam susu sapi lebih sulit dicerna oleh kucing. Jika ingin memberi kucing kampung anda susu, sebaiknya berikan susu khusus kucing.

c. Cara Memandikan Kucing Kampung

Untuk memandikan kucing kampung anda, sebaiknya anda meminta bantuan oran lain untuk memegangi kucing kampung tersebut. hal tersebut dikarenakan kucing kampung biasa hidup di alam liar dan jarang dimandikan layaknya kucing anggora atau persia.

Bahan yang perlu anda gunakan untuk memandikan kucing kampung anda cukup dengan mengisi bak mandi dengan air dan siapkan shampo kucing serta sikat lembut untuk menyikat bulu kucing.

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk memandikan kucing kampung peliharaan anda.

1. Langkah pertama adalah membawa kucing anda ke tempat pemandian dan usahakan beri sedikit belaian kepada kucing sebelum kucing dimasukkan ke dalam bak mandi. Hal tersebut bertujuan agar kucing tidak terasa terancam dan lari ketika hendak dimandikan.

2. Kemudian, anda meminta bantuan teman anda untuk memegangi kucing tersebut dan jangan sampai terlepas.

3. Setelah kucing dipegang oleh orang lain, anda siram dengan perlahan tubuh kucing menggunakan air. Bersihkan secara hati-hati dan lembut penuh dengan kasih sayang agar kucing merasa nyaman saat dimandikan.

4. Kemudian, ambil shampo kucing dan usapkan pada tubuh kucing secar perlahan. Diamkan selama kurang lebih 5 menit agar shampo meresap sempurna pada bulu-bulu kucing anda. Sikat bulu kucing menggunkan sikat yang lembut atau anda dapat memberikan pijatan-pijatan lembut pada tubuh kucing agar kucing merasa lebih rileks.

5. Setelah itu, bilas tubuh kucing menggunakan air hingga benar-benar bersih tanpa sisa sabun sedikitpun.

6. Kemudian, keringkan tubuh kucing kampung anda menggunakan handuk yang lembut hingga benar-benar kering.

7. Setelah dihandukan, sebaiknya anda keringkan lagi menggunakan hair dryer agar kucing tidak merasa kedinginan.
Sebaiknya, setelah dimandikan biarkan kucing anda bermain di dalam rumah saja karena kucing kampung memiliki kebiasaan mengguling-gulingkan badan di atas pasir atau tanah, sehingga membuat tubuh kucing menjadi kotor lagi.

Mudah sekali bukan cara merawat kucing kampung? Sekarang, anda tidak perlu ragu lagi untuk memelihara atau ,erawat kucing kampung yang berkeliaran di sekitar rumah anda.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment