≡ Menu

Cara Beternak Itik Petelur

Anda ingin membuka usaha ternak? Atau anda bingung cara beternak itik petelur yang baik dan mengahislkan untung tinggi? Jika anda ingin memulai usaha di bidang ternak, tak ada salahnya dengan mencoba beternak itik petelur. Beternak itik petelur sekarang sedang diminati oleh banyak pengusaha ternak karena hasil untuk dari beternak itik petelur sangat menggiurkan.

Tapi untuk memulai beternak itik petelur, anda harus memiliki tekad dan kesabaran yang tinggi karena beternak itik petelur harus dikontol secara rutin kandungan gizinya dan produksinya .

Perhatikan cara untuk beternak itik petelur di bawah ini :

1. Perhatikan Kandang untuk Itik Petelur

Agar itik petelur anda berkualitas, harus ditunjang dengan kondisi kandang yang layak dan memadai.

Kandang untuk itik petelur memiliki beberapa syarat seperti berikut ini.

a. Suhu di dalam kandang itik petelur harus seimbang, yaitu tidak lebih dari suhu 40 derajat celcius dan tidak kurang dari suhu 35 derajat celcius.

b. Kelembaban pada kandang itik petelur jangan sampai melebihi 60%. Lebih sedikit kelembaban pada kandang itik petelur maka semakin baik untuk ternak itik petelur anda.

c. Gunakan penerangan yang baik di setiap sisi kandang itik petelur anda. hal tersebut berguna bagi anda untuk mengontrol itik petelur dan memudahkan dalam menata kandang itik petelur.

d. Gunakan bahan atau material pembentuk kandang yang dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Tidak perlu menggunakan bahan yang mahal, cukup dengan menggunakan bahan yang sederhana saja untuk menghemat biaya pengeluaran anda.

e. Persiapkan tempat untuk makan dan minum itik petelur di dalam kandang.

2. Gunakan Pembibitan yang Unggul

Untuk menjaga kualitas ternak itik petelur anda, selalu gunakan bibit yang terbaik. Karena hal tersebut akan membuat ternak itik petelur anda menuai sukses. Biasanya bibit yang unggul memang relatif mahal, namun hal tersebut sesuai dengan kualitasnya.

Usahakan mendapatkan bibit itik petelur dari peternak yang terpercaya dan sukses menghasilkan itik petelur yang baik dan berkualitas. Hal tersebut akan berdampak pada kelanggengan usaha ternak anda.

Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan bibit itik petelur yang unguul.

a. Cara yang pertama, yaitu dengan membeli dan memelihara sendiri itik petelur yang unggul. Jika itik petelur unggul tersebut sudah bertelur, pisahkan telur tetasnya pada sarang ayam atau sarang mentok, sehingga anda memperoleh bibit yang anda inginkan

b. Cara yang kedua, yaitu dengan membeli telur tetas dari induk itik petelur yang berkualitas.

3. Lakukan Perawatan Terhadap Bibit Itik Petelur

Jika anda sudah mendapatkan bibit ternak itik petelur yang unggul dan berkualitas, segeralah anda masukkan bibit tersebut ke dalam kandang itik petelur yang sudah anda buat berdasarkan kriteria diatas.
Jagalah bibit itik petelur tersebut dengan memperhatikan perawatannya dengan memberikan pakan yang sesuai dengan usia itk petelur yang menjadi bibit. Jumlah maksimal itik petlur dalam 1 kotak tidak lebih dari 50 bibit itik petelur.

4. Lakukan Perawatan Terhadap Pakan dan Kesehatan Itik Petelur

Anda harus memperhatikan pakan dan kualitas ternak itik petelur anda. ada beberapa hal yang dapat anda lakukan secara berkala untuk melakukan perawatan terhadap itik petelur anda.

a. Jagalah kebersihan kandang itik petelur secara rutin dan berkala, karena kandang yang kotor akan berdampak bagi kesehatan itik petelur anda.

b. Sering melakukan konsultasi dan pengobatan kepada dokter hewan mengenai penyakit yang terjadi pada itik petelur anda, karena itik petelur yang sakit dapat dengan cepat menularkan bakteri atau virus penyakit tersebut kepada itik petelur yang lain. Hal tersebut harus ditangani dengan cepat dan tepat.

c. Berilah pakan yang sesuai dengan fase dan usia itik petelur anda. jika usia itik masih sangat muda atau starter perbanyaklah memberi pakan disertai dengan vitamin dan air mineral.

5. Lakukan Pengambilan Telur Pada Pagi Hari

Untuk memanen atau mengambil telur dari itik petelur dapat anda lakukan pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi, karena sudah dapat dipastikan itik petelur tidak akan bertelur lagi pad pukul tersebut. Keluarkan itik dari kandang dan ambillah telur itik satu persatu menggunakan wadah. Usahakan tidak terlalu lama menyimpan telur tersebut karena mudah busuk, sebaiknya anda langsung pasarkan di pasar atau jual pada penadah telur itik.

Untuk pemasaran telur itik, anda tidak perlu khawatir akan kekurangan penadah atau telur anda tidak laku. Karena permintaan telur itik untuk saat ini masih tinggi, sedangkan produksi telur itik sangat sedikit. Oleh karena itu sebaiknya anda memanfaatkan peluang ini untuk beternak itik petelur.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment