≡ Menu

Cara Membuat Pembatas Buku Unik

Cara Membuat Pembatas Buku Unik

Cara Membuat Pembatas Buku Unik

Pembatas buku merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memberikan tanda pada buku. Ada banyak macam pembatas buku yang bisa anda pilih di internet. Namun, tidak ada salahnya belajar mengenai cara membuat pembatas buku unik. Dengan membuat pembatas buku yang unik dengan kreativitas anda sendiri, tentunya banyak manfaat yang akan bisa didapatkan. Manfaat tersebut adalah memberikan pembatas buku yang tampilannya beda dengan yang lain.

Pembatas buku memiliki berbagai macam warna, bentuk, dan juga ukuran yang bisa anda sesuaikan dengan selera. Bagi para kutu buku atau book lovers, memiliki pembatas buku akan bisa membuat hobi membaca jadi semakin menyenangkan dan tidak membosankan.

Berikut adalah cara membuat pembatas buku unik yang bisa anda lakukan:

1. Persiapan Bahan

Mempersiapkan bahan yang dibutuhkan adalah cara awal yang harus dilakukan. Bahan yang harus anda sediakan antara lain adalah kain flannel (pilihan warna tergantung selera), pita kain, kancing hias, gunting, lem UHU, karton, benang jahit, dan jarum jahit.

2. Gambar dan Gunting Pola Sesuai Selera

Langkah selanjutnya adalah menggambar dan menggunting pola yang anda inginkan sesuai dengan selera. Gambarlah bentuk bunga, bulatan, atau apapun yang anda sukai di karton yang telah anda sediakan sebelumnya. Disarankan untuk menggambar pola daun dan bunga. Selanjutnya, cetaklah dan gunting kain flannel membentuk 2 buah bunga dan 4 daun. Contohnya bisa seperti yang ada dibawah ini:

gambar1

gambar1

3. Bentuk Kancing Hias untuk Hiasan

Setelah itu, posisikanlah kancing hias pada bagian tengah bunga flannel yang telah anda siapkan sebelumnya. Jahitlah agar semakin erat dan tidak lepas dari kain tersebut.

gambar2

gambar2

4. Lem Ujung Pita

Langkah berikutnya adalah memberikan lem UHU pada bagian atas ujung pita. Apabila menurut anda lem UHU kurang rekat, anda bisa memilih pilihan lem lainnya yang lebih erat lagi.

gambar3

gambar3

5. Rekatkan ke Bagian Bunga Flanel yang Lain

Siapkan potongan bunga flannel yang lain apabila anda belum menyiapkannya sebelumnya. Kemudian satukan potongan tersebut. Sehingga membentuk bagian yang cukup tebal antara kedua sisi. Contohnya bisa anda lihat pada gambar berikut:

gambar4

gambar4

6. Cek Ukuran Buku yang akan Diberi Pembatas

Ceklah ukuran buku yang telah anda siapkan untuk diberi pembatas. Bentangkanlah pita pada bagian atas buku dan gunting pita sesuai dengan ukuran. Jangan lupa untuk memberikan jarak sekitar 3 – 5 cm untuk pita yang anda gunting ini. Panjang pita tersebut harus anda sesuaikan dengan buku. Jangan sampai kelebihan. Contohnya bisa anda lihat dibawah ini:

gambar5

gambar5

7. Buatlah Daun di Bagian Bawah

Sekarang siapkan daun untuk direkatkan pada bagian bawah pita yang anda gunting. Jahitlah bagian tersebut hingga membentuk bentuk yang erat.

gambar6

gambar6

Selesai, kini pembatas buku telah selesai dikerjakan. Anda bisa menggunakan pembatas buku tersebut sebagai penanda buku yang sedang and abaca. Tentu saja anda bisa menggunakan kreativitas dan ide anda sendiri untuk membuat pembatas buku yang sesuai dengan selera. Cara diatas menggunakan daun dan bunga sebagai temanya. Bagi anda yang mempunyai tema lain tentu tidak ada salahnya mencoba menerapkannya.

Kesimpulannya, cara membuat pembatas buku unik tidak sesulit yang anda bayangkan. Anda bisa menerapkan cara yang satu ini untuk membuat pembatas buku yang menarik dan sesuai dengan keinginan anda. Pemilihan warna yang menarik akan semakin memanjakan hobi membaca yang anda lakukan.






{ 0 comments… add one }

Leave a Comment